6 Tips untuk Tidur Lebih Baik bagi Workaholic

Jember - Seperti yang TemanBaik tahu, idealnya tubuh orang dewasa membutuhkan waktu tidur berkualitas sekitar 7 hingga 9 jam setiap harinya. Kalau terlalu lama mengabaikan kebutuhan ini, berbagai risiko kesehatan mulai dari mood swings, obesitas, tekanan darah tinggi, hingga potensi diabetes dan gangguan kardiovaskular mengintaimu.

Sayangnya, tidur cukup dan berkualitas menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi seorang workaholic. Kalau kamu termasuk dalam kelompok ini, berikut ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memperbaiki rutinitas tidur.

Menjadwalkan Waktu Tidur dan Disiplin Menjalankannya
Aturan paling utama: kesadaran diri sendiri tentang pentingnya tidur untuk kesehatan. Tidur yang cukup akan membantu tubuh dan pikiranmu untuk beristirahat sehingga kamu pun dapat lebih bertenaga, kreatif, dan produktif untuk beraktivitas keesokan hari.

Karenanya, tetapkan waktu yang jelas kapan kamu harus tidur dan bangun. Disiplinlah dalam menjalankan kebiasaan baru ini. Meski berat di awal, setidaknya bila pola ini dapat dilakukan setiap hari selama tiga minggu, kamu akan lebih mudah mengadaptasinya sebagai kebiasaan.

Buat Prioritas Rasional Aktivitas Harian
Perlu diingat, seorang workaholic bukan berarti produktif. Agar tak sia-sia, pastikan bahwa rentang waktu kerja yang dimiliki benar-benar kamu manfaatkan untuk menyelesaikan tugas yang sesuai.

Dalam delapan jam kerja yang tersedia misalnya, ukur kemampuan diri sendiri dengan apa yang bisa diselesaikan pada rentang waktu tersebut. Jangan membebani diri sendiri dengan membuat rincian kegiatan yang terlalu tinggi dan justru akan menambah beban diri sendiri.

Jauhi dan Kurangi Konsumsi Kopi Harian
Kalau kamu pencinta kopi, kurangi frekuensi konsumsinya, ya. Kafein akan membuatmu berada dalam kondisi 'siaga' yang berujung pada melek sepanjang hari hingga malam.
Bila terlalu berat, kamu bisa mulai mengganti kopi biasa dengan kopi decaf yang mempunyai kandungan kafein jauh lebih rendah. Kalau mau yang lebih sehat, kamu bisa menggantinya dengan air mineral atau smoothie lezat sesuai buah atau sayur favorit.

Rutin Berolahraga dengan Bijak
Olahraga membantumu tidur dengan lebih baik. Kamu bisa mulai rutin melakukan jenis olahraga yang sesuai dengan rentang waktu sekitar 20 hingga 30 menit sehari.
Namun, hindari untuk melakukan olahraga mendekati jam tidur, yah. Selambat-lambatnya, kamu bisa olahraga empat jam sebelum waktu tidur.

Mandi Air Hangat Sebelum Tidur
Sebuah studi menunjukkan, mandi air dingin membantumu untuk lebih bersemangat menjalani aktivitas sehingga cocok dilakukan di pagi hari. Sementara itu, mandi air hangat justru cocok dilakukan di malam hari karena dapat membantu otot-otot yang tegang menjadi relaks sehingga kamu pun dapat tidur dengan lebih nyenyak.
Bila memungkinkan, tak ada salahnya kamu berendam air hangat sebelum tidur. Namun agar tak membuat kulit justru menjadi kering dan berisiko infeksi ragi bagi wanita.

Hindari Menggunakan Barang-Barang Elektronik Sebelum Tidur
Radiasi niar biru yang ditransmisikan melalui laptop, ponsel, tablet, bahkan TV sekalipun dapat membuatmu semakin sulit tidur. Selain mengurangi kadar kecerahannya, pastikan kamu tak lagi berkutat dengan perangkat elektronik ini sekitar dua jam sebelum tidur.

Di sisi lain, kalau masih saja membuka pesan-pesan soal kerjaan atau bahkan sekadar unggahan pengguna lain di media sosial yang justru membuat kepikiran, bagaimana kamu bisa tidur nyenyak? Bisa-bisa, tidurmu jadi terimbas gelisah karena pikiran-pikiran tersebut.

Makan dengan Nutrisi Tepat dan Teratur
Terburu-buru berangkat ke kantor sehingga terpaksa melewatkan sarapan atau terlalu sibuk berkutat dengan kerjaan hingga melewatkan makan siang dengan semestinya? Kebiasaan ini tentu akan membuat sistem pencernaanmu juga jadi kacau dan merambat pada berbagai aspek lain, termasuk pola tidurmu.

Sepadat apa pun jadwalmu, pastikan untuk tetap makan sesuai jadwal dan kebutuhan. Untuk makan malam, selesaikan selambat-lambatnya dua jam sebelum waktu tidur sehingga ketika kamu beristirahat pun, sistem pencernaan juga melakukan apa yang seharusnya dilakukan.

Selain tujuh hal di atas, kamu juga perlu untuk lebih relaks, ya. Apa yang menjadi urusan pekerjaan tidak semestinya perlu kamu bawa sampai ke tempat tidur pula. Yuk, mulai bijak dalam menata diri!


Foto ilustrasi Nita Hidayati/beritabaik.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler