Mau Jual Kue & Roti Secara Online? Intip 4 Rahasia Pengolahannya

Bandung - TemanBaik tertarik berbisnis pastry dan bakery secara online? Melalui 'Bakery Innovation & Digital Smartpreneur', Sriboga Flour Mill bikin baking demo komplet nih soal kue dan roti yang paling ciamik dijual secara online.

Salah satu yang paling nampol, olahan Pao Beef Satai Maranggi yang dibuat sebagai inovasi roti khas oriental yang dimodifikasi dengan khasanah kuliner Nusantara. Enggak cuma sedap di lidah nih, dari sisi tampilan bakpau yang satu ini juga aduhai banget loh.

Panca Indria Pristiawan, Sales Operation & Support Manager PT. Sriboga Flour Mill berbagi tips nih, gimana sih trik sukses meracik kue dan roti di tengah maraknya tren kuliner kekinian. Intip yuk!

1. Pilih Bahan Kelas Premium
Untuk menghasilkan kue dan roti yang lezat, bahannya juga harus kualitas terbaik ya. Menurut Panca, untuk memastikan produk tahan lama dan rasanya enggak gagal, pemilihan tepung terigu juga jadi pertimbangan paling penting loh. Agar tepung terigu lebih awet dan rasanya enggak mudah berubah, baiknya sih pilih yang sudah inject nitrogen agar tepung enggak mudah mendatangkan kutu.

2. Pilih Tepung Sesuai Kebutuhan
Ingat ya TemanBaik, setiap tepung punya karakteristik yang berbeda. Nah pastikan dulu nih, kamu mau bisnis roti dan kue jenis apa. Kalau pilih roti-rotian khas Asia, biasanya sih dibutuhkan tepung yang sifatnya padat bervolume, dan bentuknya besar, empuk dan warnanya menarik.

Ia menyebutkan, tepung protein tinggi dengan kelas Super Premium paling cocok digunakan sebagai bahan baku roti Asia. Ia mencontohkan, jenis Hime cocok untuk membuat roti sementara Double Zero yang kandungannya protein sedang lebih pas untuk membuat pastry khas Eropa.

Baca Ini Juga Yuk: Kesalahan Saat Memasak yang Tanpa Sadar Sering Dilakukan

3. Bikin Kreasi Resep
TemanBaik harus kreatif ya untuk terus mengeksplorasi jenis olahan sesuai tren. Kali ini sih Sriboga mengenalkan beberapa jenis makanan yang saat ini bisa jadi tren di pasaran. Sebut saja Chicken Croissant Cheese (Chickrocheese), Bluder Cheese, Pao Beef Maranggi, Cookies Choco Cheese, dan Klepon Cake. Tapi itu enggak jadi patokan ya, kamu tetap bisa mengganti isian, topping kreativitas sesuai keinginan. Satu hal lagi, kualitas dan rasanya tetap jadi pertimbangan utama.

Misalnya, saat TemanBaik praktik bikin Pao Beef Maranggi, sebenarnya bisa isiannya bisa diganti dengan berbagai olahan loh. Misalnya Pao isi kacang hijau, keju, rendang, bakso, sosis dsn masih banyak lagi ya isian lezat lainnya.

4. Ulik Cara Pengemasan yang Aman
Kalau kamu berjualan di media sosial, jumlah konsumen semakin beragam loh. Selain di lingkungan terdekat, besar kemungkinan banyak juga customer dari luar kota. Nah untuk menjaga kesegaran dari produk kue dan roti kamu, baiknya sih mulai melirik cara pengemasan yang kedap udara dan metode frozen ya.

Belakangan, banyak pelaku UKM kuliner yang mulai mengembangkan bisnisnya di kanal online dengan solusi olahan beku. Cara ini dinilai paling aman, saat makanan melewati proses panjang pengiriman dari tempat produksi sampai ke tangan pelanggan.


Foto: Dini Yustiani/beritabaik.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler