Kiat Penting Biar Jantung Lebih Sehat Ala Rachel Olsen

Bandung - Pada 29 September mendatang, seluruh dunia memperingati Hari Jantung Internasional. Ini juga jadi momentum baik loh untuk menyampaikan beragam pesan dan ajakan tentang pentingnya menjaga jantung kita. 

Seperti TemanBaik ketahui nih, Indonesia juga memiliki anugerah sejuta ragam kuliner yang terkenal dapat menggoyang lidah. Mulai dari nasi padang, pempek, gudeg, rujak cingur dan masih banyak lagi. Semua masakan ini memiliki cita rasa spesial dan juga unik. Enggak heran, baik masyarakat lokal maupun pelancong luar negeri merasa dimanjakan dengan sajian khas nusantara.

Tapi kalau kita telusuri dari sisi nutrisinya, ternyata tak sedikit masakan lokal itu yang mengandung kolesterol tinggi loh. Bahkan, masakan dengan kandungan yang kurang baik itu juga bisa mengakibatkan peningkatan berat badan dan potensi serangan jantung serta stroke. 

Berdasarkan dari dari World Health Organization (WHO), penyakit jantung merupakan penyebab kematian tertinggi di Indonesia, yaitu 151 kasus / 100.000 orang.

"Untuk memperingati Hari Jantung Sedunia, September ini kita semua harus berpartisipasi untuk menjalankan kampanye sehat" ujar Rachel Olsen, Nutritition Expert YOUVIT kepada BeritaBaik, Senin (23/9/2019).

Ia mengatakan, cara menjaga jantung sebenarnya cukup sederhana. Kalau kita ingin mencegah penyakit jantung, pertama yang perlu diperhatikan adalah intensitas untuk berolahraga dalam seminggu. Idealnya sih TemanBaik bisa melakukannya minimal 150 menit per minggu.

"Kalau sudah konsisten berolahraga, secara langsung kita membantu metabolisme tubuh agar lebih optimal lagi. Dengan rutinitas fisik itu, kita dapat menghindari penumpukan lemak maupun kalori dalam tubuh,” paparnya.

Ia juga menyebutkan, selain olahraga, semua orang juga wajb istirahat yang cukup agar membantu menyeimbangkan metabolisme harian tubuh. Kalau metabolisme optimal, berarti kita juga dapat mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah oleh lemak yang menyebabkan penyakit jantung.

"Jantung yang sehat juga perlu asupan nutrisi seimbang. Nah, pastinya makanan yang kita konsumsi setiap hari berperan penting juga untuk pencegahan. Hindari makanan yang digoreng dan berlemak. Kita sebaiknya makan lebih banyak biji-bijian, sayur dan buah-buahan. Karena makanan ini mengandung serat tinggi, lemak baik dan antioksidan yang bagus untuk mengeluarkan kolesterol maupun lemak jahat dalam pembuluh darah,” ucapnya.

Rachel juga menambahkan, agar nutrisi kita tetap seimbang tiap harinya, kita memerlukan asupan vitamin dan mineral yang memadai. "Kebutuhan ini bisa kita dapatkan dari tambahan multivitamin yang kandungannya lengkap dan tentunya enak biar enggak bosan mengonsumsinya secara harian," tutupnya. 


Foto: Dokumentasi Youvit

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler