Beeswax Wrap, Pengganti Bungkusan Plastik yang Ramah Lingkungan

Bandung - TemanBaik pengin mengurangi sampah plastik? Yuk mulai cintai lingkungan dengan mengubah gaya hidup sehari - hari. Salah satu aksi ini bisa dipilih dengan memilih bahan beeswax wrap saat akan mengemas atau membungkus makanan.

Unik loh TemanBaik, beeswax wrap ini semacam bungkusan plastik yang bisa dipakai berulang - ulang dan dicuci dengan air sehabis digunakan. Untuk satu pak beeswax wrap isi 10, ternyata setara dengan penggunaan 200 bungkus plastik loh. Ramah lingkungan kan?

Meski sudah akrab di Jepang, Taiwan dan Australia, di Indonesia bahan ini terhitung masih baru loh. Termasuk startup Boenkus by Beeyond yang mulai mengenalkannya dengan tampilan yang fancy, unik dan kekinian.

Sebagai info nih TemanBaik beeswax wrap ini bisa dimanfaatkan untuk banyak kebutuhan loh. Sebut saja sayuran, buah-buahan, roti, atau digunakan sebagai penutup mangkuk dan toples.

"Ini awalnya proyek dari mata kuliah Integrated Business Experience SBM ITB, tempat kuliah saya dan teman - teman. Sejak awal kita pengin membuat produk yang eco-friendly. Karena Kami berenam sebagai founder sudah memiliki kepedulian cukup tinggi terhadap sampah terutama plastic waste," ujar Marketing Boenkus by Beyond, Naya Sastrosatomo kepada BeritaBaik.

Tak sendiri, Naya bersama Erlangga Muljadi dan Vega Allya, Dianita Hadi dan Kezia Nathania selalu operation, serta Charles Vincent sebagai bagian keuangan sengaja membuat bisnis ini sebagai media kampanye zero waste.

Biar lebih menarik perhatian, mereka pun mulai merancang desain beeswax ini dengan berbagai gambar ciamik. Bahkan ada tim khusus juga loh yang merancang patterns di beeswax wrap dengan tampilan desain disesuaikan dengan hari besar seperti edisi natal, lebaran, dan women's day.

"Kami juga menggunakan ilustrasi kartun yang dibuat oleh desainer sendiri. Kebetulan di SBM dan pertemanan kita memang banyak yang punya keahlian desain grafis. Untuk pemilihan patterns biasanya kita dari awal sudah membuat konsep," Ucapnya.

Saat ini, Boenkus punya banyak pilihan motif seru. Sebut saja Human Life, Color Brush, Tropical Fruit, Food, dan beberapa yang sempat diproduksi adalah edisi Christmas, Lebaran, Women's day, Animal wildlife serta desain kolaborasi, Chic and darling juga Sagaleh.

"Boenkus ini basisnya di Bandung, karena kami merasa di Bandung kurang di highlight pentingnya penggunaan alternatif dari single used plastic. Nah, beeswax ini bisa menjadi alternatif untuk plastik dan cling wrap yang sifatnya natural dan reusable food wrapping. Bahannya campuran beeswax, organic oils, dan organic cotton," katanya.

Menurut Naya, enggak cuma ramah lingkungan, beeswax wrap ini juga memiliki kandungan yang bikin buah lebih tahan lebih lama. Enggak heran, bungkusan kekinian ini digandrungi para ibu muda hingga para antusias di gerakan zero waste.

Kalau TemanBaik tertarik beli, mudah loh kamu cukup mampir di Instagram @boenkus, Tokopedia, Shopee dan kolaborasi dengan beberapa toko. Harganya cukup terjangkau loh, cuma Rp 100 ribu per pak dan special edition Rp 120 ribu saja.

Foto dokumentasi Boenkus

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler