Minim Sampah, Belanja di Toko Organis Wajib Bawa Wadah Sendiri

Bandung - Bagi TemanBaik yang sedang belajar menerapkan gaya hidup minim sampah atau zero waste, tentu jadi tantangan tersendiri saat membeli berbagai keperluan sehari-hari. Mereka biasanya terpaksa membeli barang yang dibutuhkan meski sadar akan menambah sampah plastik.

Di Bandung, ada sebuah toko dengan konsep unik mewajibkan konsepnya membawa wadah sendiri untuk tempat barang yang dibelinya. Jadi, TemanBaik tak akan lagi menambah sampah plastik bekas membeli kebutuhan rumah.

Toko Organis yang berada di Jalan Batik Uwit di kawasan Sukaluyu Bandung ini adalah sebuah program nonprofit yang merupakan bagian dari kampanye gaya hidup zero waste dibawah Organisasi Lingkungan YPBB (Yayasan Pengembangan Biosains dan Bioteknologi) Bandung.

Ada sekitar 50 macam barang yang dijual di toko ini, mulai dari deterjen cuci baju, sabun cuci piring, sabun mandi, sampo, minyak goreng, pewangi, pembersih lantai dan berbagai kebutuhan rumah tangga. Sebut saja kebutuhan utama TemanBaik, rasanya semua tersedia di sini. Hingga kebutuhan makanan seperti beras, kopi, saus, sambal teh bahkan camilan seperti kuaci atau keripik.

"Toko ini jadi penunjang bagi mereka yang punya semangat mengurangi sampah. Karena belanja di sini sistemnya isi ulang, harus bawa wadah sendiri," ujar Tiwi Arsianti Penanggung Jawab Toko Organis saat berbincang dengan beritabaik.id

Berita Foto: Berbelanja Ramah Lingkungan di Toko Organis

Bahkan tak cuma bawa wadah sendiri, konsumen pun harus melayani sendiri berbagai keperluannya loh. Konsumen mengisi wadah yang dibawanya lalu menimbangnya sendiri dan membayarnya sesuai dengan jumlah yang dibeli.

Tiwi bercerita, Toko Organis ini berdiri sejak 2013 lalu. Awalnya, toko ini selalu sepi dan bahkan dipandang sebelah mata. Namun kini, makin banyak yang menerapkan gaya hidup minim sampah, pengunjung ke toko ini pun kian ramai. Harga barangnya pun sama dengan harga di supermarket atau warung kok. Karena tujuan toko ini bukan pada laba namun untuk edukasi.

Berbagai perlengkapan pendukung gaya hidup minim sampah seperti sedotan bambu, bambu drip untuk menyeduh kopi, mentrual pad, hingga stater kit komposting metode Tatakura pun tersedia.

"Dalam sebulan ada sekitar 50 pengunjung. Banyak juga yang sudah langganan belanja ke toko. Kebanyakan yang datang ya yang sedang belajar zero waste," tuturnya.

Bagaimana? TemanBaik tertari pindah belanja ke Toko Organis? Datang saja setiap hari Senin hingga Jumat pukul 09.00 hingga pukul 17.00 WIB.


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler