Alasan Penting Bak Mandi Harus Disikat Selain Dikuras

Bandung - TemanBaik, tahu kan jika menguras bak kamar mandi harus rutin dilakukan? Cara ini biasanya akan membuat bak kembali bersih. Tapi, ternyata dikuras saja enggak membuat bak benar-benar bersih loh! Kenapa ya?

Bak mandi harusnya juga disikat, bukan hanya dikuras. Sebab, bak mandi bisa jadi tempat nyamuk berkembang biak. Telur nyamuk pun bisa sangat banyak menempel pada bak mandi tanpa kamu sadari.

Bahkan, meski telur itu kering akibat air bak mandi sudah dikuras, kemampuan bertahan hidupnya luar biasa. Meski kering, telur itu bisa bertahan lama dan berpotensi menetas setelah kembali tergenangi air.

"Kenapa harus menguras airnya dan menyikat bak mandi? Karena telur nyamuk saat kering bisa bertahan enam bulan sampai setahun," ujar Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Bandung Rosye Arosdiani Apip.

Dengan disikat, telur nyamuk akan mati sebelum bisa berkembang. Tapi, jangan lupa, setelah disikat, siram bak mandi kemudian buang melalui lubang pembuangan pada bak.

Selanjutnya, masukan serbuk abate untuk mencegah bak mandi jadi tempat berkembang biak nyamuk. Dengan cara ini, nyamuk akan sulit deh berkembang di rumah kamu, terutama pada bak mandi.

Selain bak mandi, lakukan hal serupa pada tempat penampungan air lainnya di rumah kamu ya, seperti ember, torn, atau tempat penampungan lainnya. Jangan sampai tanpa kamu sadari rumah jadi sarang nyamuk ya!

Foto: Ilustrasi Unsplash.com
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler