Ini Dampaknya Jika Ibu dan Ayah Tak Kompak Saat Mengasuh Anak

Bandung - Peran pengasuhan anak bukan semata hanya tugas ibu. Bahkan peran ayah dan ibu justru harus seimbang. Supaya anak bisa tumbuh optimal, konsep pengasuhan antara ibu dan ayah pun harus kompak serta saling dukung. Tidak selarasnya ibu dan ayah dalam mengasuh ini ternyata punya dampak yang kurang baik loh!

Psikolog dari Biro Psikolog Parenting Care Bandung Fadillah menuturkan, seorang anak yang sering mendapati respon dan aturan yang berbeda di antara kedua orangtuanya akan merasa kebingungan untuk menyerap nilai-nilai dalam dirinya.

Contohnya, ayah punya sikap tegas dalam aturan anak tidak boleh memukul atau menendang orang lain. Ia akan menegur anak dengan sikap yang jelas menunjukkan bahwa yang dilakukan anak itu salah. Sementara sang ibu punya kecenderungan lebih longgar dalam aturan ini. Ketika anak memukul atau menendang, sikap ibu lunak dan kurang tegas dengan alasan kasihan. Hal ini bahkan bisa membuat ibu jadi sasaran pukul anak.

"Anak balita itu butuh aturan yang jelas untuk suatu hal itu baik atau buruk. Anak sedang bereksperimen, apa yang terjadi jika melakukan ini, ternyata respon ayah A, ibu B. Nantinya kalo begitu terus, dia hanya akan melakukan sesuai aturan pada orang yang punya respon seperti ayah namun pada yang punya respon seperti ibunya, maka ia akan cenderung seenaknya," tutur Dilla.

Baca Ini Juga Yuk: Jangan Sampai Anak Merasa Dirinya Tak Penting Karena Hal Ini Nih

Hal ini berlaku pada anak balita, pada usia itu mereka memang sedang belajar mengantisipasi dan memprediksi keadaan. Karena itu aturan dibutuhkan supaya mereka bisa memanage prediksi dan membuat antisipasinya.

"Makanya ayah dan ibu harus kompak supaya anak punya landasan kuat tentang sesuatu hal yang benar salah, hitam putih," katanya.

Lagipula, Dilla menambahkan bersikap tegas bukan berarti kurang sayang pada anak. Justru tegas dan sayang berjalan sejajar kok! "Toh setelah ayah atau ibu menegur kesalahan anak, kan anaknya tetap dipeluk dan disayang. Kalau enggak kasih aturan jelas, justru kasihan anaknya," tutupnya.


Foto ilustrasi Unsplash.com



Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler