Begini Etika Saat Batuk yang Efektif Cegah Penularan

Bandung - TemanBaik, apa yang kamu lakukan saat sedang batuk? Mayoritas pasti menutup mulut dengan tangan bagian dalam. Ada juga yang menggunakan bagian sekitar tangan dekat jempol dan telunjuk dengan posisi mengepal. Yang lebih parah, ada yang batuk tanpa menutup mulutnya. Kamu yang mana?

Batuk ternyata ada etikanya loh! Jika etika ini enggak dijalankan, kamu justru akan jadi penular batuk pada orang sekitar. Kasihan kan jika orang lain sampai tertular batuk gara-gara kamu. Lalu, apa yang harus dilakukan?

"Dalam etika batuk, saat seseorang sedang batuk, harus membiasakan menggunakan masker untuk mencegah penularan ke orang lain," ujar Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Bandung Rosye Arosdiani Apip.

Saat batuk, partikel dari mulut bisa menyebar jika mulut tak ditutup. Apalagi jika saat sakit batuk kamu juga mengalami flu. Bersin akan membuat partikel di mulut kamu menyebar lebih luas.

Jika tak menggunakan masker, sebaiknya kamu bawa sapu tangan atau tisu deh. Sehingga, saat batuk mulut kamu bisa ditutup dengan itu. Untuk tisu, sebaiknya kamu buang setelah dipakai untuk menutup mulut saat batuk. Sedangkan sapu tangan bisa dipakai berkali-kali dan tinggal dicuci bersih jika mau dipakai lagi setelah seharian dipakai.

Bagaimana jika kamu enggak punya masker, sapu tangan, atau tisu? Menutup mulut dengan tangan bagian dalam adalah salah satu cara terbaik. Tapi, jangan lupa, setelah itu cuci bersih tanganmu dengan sabun. Utamakan memakai sabun yang mengandung antiseptik ya. Jangan lupa, tentunya gunakan air yang mengalir untuk membilasnya.

Yang sering dilupakan orang, batuk ditutup menggunakan tangan. Setelah itu, tangan justru tak dicuci. Parahnya, tangan itu kemudian dipakai untuk bersalaman, menyentuh makanan, menyentuh berbagai barang, dan lain-lain. Hal ini yang kemudian akan jadi penyebab menularnya batuk pada orang lain tanpa disadari.

Etika lain yang harus kamu perhatikan adalah jangan meludah atau membuang dahak sembarangan ya! Hal ini juga sering diabaikan orang. Sebab, hal ini juga berpotensi membuat batuk semakin mudah menular.

Nah, sudah tahu kan TemanBaik apa yang harus dilakukan saat batuk? Peduli pada orang lain di sekitarmu biar enggak ketularan batuk.


Foto ilustrasi: muhealth.org

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler