Intip 3 Cara Mudah Menghias Makanan ala Chef Hotel Berbintang

Bandung - Food Plating atau seni menghias makanan jadi bagian terpenting di dunia kuliner. Selain punya cita rasa lezat, santapan juga wajib dipercantik agar tampilannya terlihat menggoda selera. Di ranah kuliner, seni menghias makanan banyak ragamnya loh. Di berbagai penjuru dunia, terdapat gaya penyajian berbeda yang unik dan bikin mata terpukau.

Executive Chef Aryaduta Hotel Bandung, Anton Pradhipta menjelaskan, ada tiga teknik dasar yang wajib diperhatikan saat menghias makanan. Di antaranya classical plating, saucing dan garnishing. Namun detailnya banyak yang jauh lebih penting dari tiga aspek di atas. TemanBaik mau tahu? Yuk intip ilmunya dari Chef Anton.

1. Perhatikan Gramasi
Menurut Anton, fashion food memang punya tampilan yang ciamik. Selain bagus untuk difoto, makanan ini terlihat stylish dan menggoda selera. Tapi coba deh TemanBaik perhatikan gramasi atau bobot makanannya, jangan sampai porsinya terlalu sedikit.

Anton mengungkapkan, berat ideal dari satu porsi makanan sekitar 450 gram. Bobot itu sudah disesuaikan dengan rata-rata kebutuhan orang saat bersantap.

Untuk menghindari kesan menumpuk, coba deh TemanBaik percantik dengan pengaturan komposisi dan posisinya yang ciamik. Misalnya dengan konsep vertikal, dengan tambahan saus, sayuran atau edible flower.

Baca Ini Juga Yuk: Kenalan dengan Bachtiar Sigar, Chef di Balik Masak Darurat

2. Persiapkan Garnish Sebelum Memasak
Kalau kamu bekerja di kafe atau hotel, kecepatan dan ketepatan memasak jadi pertimbangan penting loh. Jangan sampai TemanBaik kena prostes pelanggan gara-gara mereka terlalu lama menunggu makanan.

Anton menyebutkan, waktu memasak paling pas mulai dari meracik hingga menghias itu enggak boleh dari 10 menit. Jadi kalau kamu enggak mau direpotkan dengan urusan membuat garnish, baiknya sih mulai dipersiapkan saja ya kebutuhannya apa saja.

3. Siapkan Saucing dan Garnishing yang Warnanya Memikat
Salah satu daya tarik dari hidangan, ada pada komposisi warna yang menarik perhatian. Menurut Anton, bikin makanan yang warnanya mampu menggugah selera. Misalnya warna merah dari cabai atau kuning alami dari rempah-rempah.

Demikian juga untuk saus dan garnish hiasannya. Kalau mau terlihat cerah, kamu bisa menghias piring dengan tambahan saus pesto yang berwarna hijau terang atau merah dari saus barbeque.

Sementara buat garnishing, jangan khawatir ya TemanBaik, sekarang banyak edible flower alias bunga hiasan murah yang mudah dijumpai di pasaran. Warnanya juga cantik-cantik loh.

4. Buah Garnish dengan Tambahan Rasa
Bagi Chef Anton, garnish itu baiknya sih ada rasanya ya. Misalnya kalau kamu bikin salad, baiknya sih dicampur dengan dressing yang lezat. Atau kalau sebatas sayuran, pilih jenisnya yang segar. Misalnya timun, zukini, lobak atau wortel yang diserut kecil dengan warna yang menggoda selera.


Foto: Instagram.com/chefantonpra

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler