Tips Memilih Vendor Dekorasi untuk Hari Bahagiamu

Jember - Saat akan mengadakan momen spesial seperti pernikahan, bridal shower, lamaran, dan sebagainya, dekorasi kini semakin menjadi hal yang sulit untuk diabaikan. TemanBaik sebagai kaum milenial khususnya yang tengah mempersiapkan hari bahagia pun mungkin telah bergerilya mencari vendor dekorasi mana yang akan dipilih, bukan?

Semakin banyaknya vendor penyedia jasa dekorasi yang bermunculan setiap harinya di sisi lain juga semakin menimbulkan kegalauan tersendiri. Kemiripan antara yang satu dan lainnya pun tak jarang justru malah membuat pening.

Untuk itu, pemilik vendor dekorasi Romantisme Pagi Mefa Umi Fadhilah menyarankan untuk lebih selektif dalam mencari vendor. Dalam wawancaranya bersama tim Beritabaik, wanita berusia 25 tahun tersebut membagi tips tentang beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan beberapa hal saat akan memilih vendor jasa dekorasi.

Menurutnya, hal paling utama adalah menentukan konsep. "Penting banget untuk menentukan konsep yang akan dipilih. Konsep ini pada akhirnya akan menentukan berbagai keputusan-keputusan lain yang diambil, mulai dari budget, venue, dan lain-lain.

Selain itu, kalau dari awal sudah tahu akan memilih tema apa, mencari vendornya pun harus yang memang spesialis di bidang itu. Seperti contoh vendor A spesialis di bidang glamour, tapi konsep yang diinginkan justru konsep rustic. Dekorasi rustic-nya bisa-bisa aja sih tetap jadi, tapi kemungkinan besarnya jutsru akan menjadi tidak maksimal."

Kalau urusan konsep sudah selesai, kini saatnya beralih ke budget. Pemilik vendor dekorasi spesialis tema rustic tersebut menyarankanmu untuk benar-benar bijak dalam hal satu ini.

Baca Ini Juga Yuk: Ide Suvenir yang Bikin Pernikahan Kamu Makin Berkesan

"Jangan sampai karena ngebet banget ingin dekorasi atau menggunakan jasa vendor tertentu karena prestise misalnya, jadi sampai amburadul soal anggarannya. Kalau dari awal sudah menetapkan budget sekian, hindari untuk memberi kelonggaran. Ingat, keperluan untuk pernikahan misalnya, bukan hanya soal dekorasi semata. Masih ada katering, suvenir, venue, undangan, dan lain-lain yang tak kalah menyita finansial," tambahnya.

Pertimbangan berikutnya adalah tangggal. Masing-masing vendor mempunyai jatah masing-masing seberapa banyak klien yang dapat ditangani dalam satu hari. Kalau dalam tanggal tersebut sudah full booked, jangan memaksakan kehendak. Keterbatasan sumber daya vendor yang tidak maksimal jika dipaksakan pun pada akhirnya akan membuat apa yang kamu inginkan tak masimal pula.

"Nah, selanjutnya yang tak kalah penting adalah tentang venue yang dipilih. Pastikan jumlah tamu yang akan diundang sesuai dengan kapasitas gedung tersebut. Kalau kapasitas tamu melebihi venue, orang tentu akan berdesak-desakan. Selain dekorasi jadi tak mendapat sorotan atensi tamu karena tertutup, tamu juga pasti sudah bete dulu, sehingga yang diinginkan justru cepat keluar dari ruangan. Kalau sudah begitu jadi sia-sia, kan."

Dengan begitu, ada empat hal utama yang perlu dipertimbangkan saat akan memilih vendor dekorasi. Masih adakah hal lainnya? "Kalau untuk acara yang besar seperti pernikahan, wedding organizer (WO) juga dapat dilibatkan," imbuh Mefa.

"Pernikahan itu kan kompleks, ya. Calon pengantin zaman sekarang juga keinginannya terhadap konten juga semakin banyak, sehingga kehadiran WO tentu akan sangat membantu," pungkasnya.


Foto: Instagram.com/romantismepagi

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler