Orang Tua Wajib Tahu! Ini Ciri-ciri Anak Bahagia

Bandung - Sebagai orang tua tentu melihat anak senang dan ceria menjadi kebahagiaan tersendiri. Bahkan tak jarang orangtua berupaya memberikan banyak hal pada anak dengan tujuan membuat anak merasa bahagia.

Namun kebahagiaan seorang anak bukanlah dari barang-barang mahal loh. Psikolog dari Biro Psikolog Parenting Care Bandung Fadillah menuturkan beberapa indikator atau tanda yang bisa jadi pegangan orangtua melihat kebahagiaan anak.

Usia 0-2 Tahun
Pada usia ini, kelekatan dengan orangtua khususnya ibu menjadi faktor utama kebahagiaan anak. Semakin kuat bonding atau ikatan emosi anak dengan ibunya maka anak akan semakin bahagia. Karena itu, jangan kesal jika mendapati anak usia tersebut begitu nempel dan sulit lepas dari ibunya.

"Justru kalau anak nangis saat berpisah dengan ibu, itu artinya anak merasakan keamanan dan kenyamanan dengan ibunya," ujar Dilla.

Usia 2-5 Tahun
Ciri anak balita bahagia salah satunya adalah serba ingin tahu dan mencoba banyak hal. Karena itu, ia bisanya mengeksplorasi sekitarnya. Hal itu dituturkan Dilla adalah naluriah anak. Karena itu, jika mendapati anak justru enggan eksplorasi dan malah diam di pojokan saat teman-temannya main di playground, orangtua harus instropeksi.

"Jangan-jangan anak tida mau mencoba karena terlalu sering dilarang dan dimarahi, sehingga dia merasa terkungkung dan ketakutan jika ingin mencoba sesuatu. Daripada dilarang atau dimarahi anak itu pilih diam saja. Padahal itu kurang baik untuk usia balita," tutur lulusan S2 UI ini.

Baca Ini Juga Yuk: Pentingnya Melatih Anak Kelola Emosi Sedari Kecil

Usia Sekolah
Anak yang sudah duduk di sekolah dasar biasanya punya indikator khusus yang membuatnya merasa senang. Salah satunya adalah saat anak merasa mampu dan bisa dalam pelajaran sekolah. Karena itu penting untuk orangtua menyiapkan anak supaya senang belajar dan memberikan motivasi yang baik.

"Anak sekolah itu senang saat merasan kompeten. Dia akan merasa inferior kalau tidak bisa," katanya.

Selain tanda-tanda anak bahagia di atas, ada banyak ciri lainnya yang menunjukkan anak bahagia atau tidak. Tanda lainnya yaitu anak bisa menceritakan perasaannya pada orang tua, punya banyak inisiatif dan banyak lainnya.

Intinya, anak bahagia bukan tumbuh dari orangtua yang memberikan banyak mainan mahal. Kasih sayang dan perhatian sesuai dengan usianya adalah yang lebih utama, selain juga menanamkan nilai-nilai kebaikan.


Foto ilustrasi Unsplash.com



Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler