Sublimasi, Cara Sederhana Hindari Stres Saat di Mobil

Bandung - Apa yang TemanBaik rasakan saat berada di dalam mobil tapi terjebak dalam kemacetan? Mayoritas pasti menjawab penat, kesal, bahkan emosi. Apalagi jika kamu sedang memiliki masalah, berada dalam kemacetan bisa jadi pemicu stres.

Tapi, ada solusi agar kemacetan enggak bikin kamu stres. Yang paling pertama adalah berusaha menjadi pribadi yang bersyukur. Jika hal ini sudah tertanam dalam diri, kamu enggak bakal mudah emosian deh saat terjebak kemacetan.

Berikutnya, kamu bisa melakukan sublimasi. Metode ini untuk mengalihkan stres dengan melakukan hal lain. Sehingga, kamu akan jadi lebih rileks meski berada di tengah kemacetan.

"Salah satu cara mengatasi stres dalam kemacetan yaitu dengan sublimasi, pengalihan kepada hal-hal baik," ujar Direktur Rumah Sakit Jiwa Jawa Barat Elly Marliyani.

Kenapa sih sublimasi ini penting dilakukan? Sebab, saat terjebak macet, pikiran kamu akan ikut terjebak. Apalagi jika kamu sedang buru-buru, pasti hati dan pikiranmu makin enggak tenang.

Baca Ini Juga Yuk: 6 Strategi Mengelola Stres Jadi Hal yang Baik

Sublimasi seperti apa yang harus dilakukan? Salah satunya adalah mendengarkan lagu. Putar lagu-lagu yang kamu sukai dan bikin suasana hatimu lebih rileks.

Bahkan, kamu bisa melakukan hal lain untuk meredam stres dengan cara mendengarkan kajian atau ceramah agama. Hal ini bisa membuat kamu bertambah wawasan dalam hal agama.

Jika ingin tertawa, coba deh dengar atau putar stand up comedy. Dengan cara ini, kamu bisa tertawa di tengah kemacetan. Daripada marah-marah enggak jelas, mending tertawa kan?

Cara lainnya, kamu bisa menelepon keluarga atau teman untuk sekadar berbincang. Tapi, jangan sampai keasyikan mengemudi sambil berkendara. Trik ini bisa kamu lakukan saat terjebak kemacetan parah. Jika kendaraan masih bisa melaju dengan kecepatan rendah, sebaiknya menelepon tidak dilakukan.

Selain trik di atas, kamu bisa melakukan sublimasi lain untuk mengalihkan perhatian di tengah kemacetan. Tapi, lakukan hal positif saja dan enggak menganggu konsentrasi kamu saat berkendara ya.

Foto: Unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler