Waspada! Fenomena Angin Ekstrem Bakal Terjadi hingga Kamis

Bandung - TemanBaik, kamu sadar enggak jika sejak Minggu (20/10/2019) angin berhembus cukup kencang. Hal ini terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan, jika naik sepeda motor, pasti kerasa banget deh angin kencang menerjang tubuh kamu saat melaju di jalanan.

Prakirawan BMKG Bandung Muhammad Iid memberi penjelasan soal fenomena angin kencang yang sudah dikategorikan ekstrem tersebut.

"Kecepatan angin yang relatif kencang ini disebabkan adanya gangguan meteorologis berupa siklon tropis Neguri di Laut Tiongkok Timur dan juga ada sirkulasi siklonik di Malaysia yang terus bergerak ke arah barat," kata Iid, Senin (21/10/2019).

TemanBaik mau tahu berapa kecepatan angin saat ini? Di Bandung misalnya, kemarin kecepatannya mencapai 31 kilometer per jam. Sedangkan hingga pukul 13.00 WIB hari ini, kecepatannya mencapai 57 kilometer per jam. Ini termasuk kondisi paling ekstrem dalam dua hari terakhir.

Baca Ini Juga Yuk: Suhu Udara Lagi Panas-panasnya, Waspadai Kebakaran Lahan Ya

Kondisi ini terjadi di berbagai wilayah di Indonesia. Tapi, kecepatan angin tergantung pada berbagai hal, salah satunya faktor geografis. Bahkan, kecepatannya bisa mencapai 80 kilometer per jam. "Kondisi ini akan terjadi sampai Kamis (24/10/201?)," ungkap Iid.

Ia pun mengimbau warga untuk waspada terhadap angin kencang tersebut. Hindari berada di dekat pohon demi menghindari pohon itu tumbang dan menimpa kamu. Saat berkendara, sebaiknya kamu juga meningkatkan kewaspadaan dan lebih hati-hati ya, apalagi saat melintas di jalan layang.

Nelayan juga diharapkan meningkatkan kewaspadaan. Sebab, tinggi gelombang saat ini mencapai 3,5 meter. Sedangkan hingga kamis nanti ketinggian gelombang bisa lebih dari 4-5 meter. Itu karena kamis diprediksi merupakan puncak dari angin ekstrem tersebut.


Foto: Pixabay

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler