Trik Jadi Ibu Rumah Tangga Berdaya ala Atalia Praratya

Bandung - TemanBaik, khususnya kamu para ibu rumah tangga, ada trik bisnis nih dari Atalia Praratya. Tahu kan siapa sosok yang akrab disapa Bu Cinta ini? Ya, beliau adalah istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Meski menjadi ibu rumah tangga, seorang perempuan tetap bisa berdaya loh. Bahkan, jika mau, ibu rumah tangga bisa kok mencari penghasilan tambahan di luar pendapatan suami. Uangnya terserah kamu deh, bisa untuk membantu perekonomian keluarga, beli keperluan pribadi, beli sesuatu untuk anak, dan lain-lain.

Untuk memulai bisnis, Atalia menyarankan seorang ibu rumah tangga enggak perlu berpikir terlalu jauh. Meski begitu, tentu boleh jika kamu ingin memiliki bisnis yang maju dan menghasilkan banyak keuntungan. Namanya juga bisnis, rata-rata harus berjuang dulu sebelum menjadi besar.

Nah, agar lebih mudah dalam memulai usaha, lakukan dimulai dari hobi. Sebab, hobi biasanya akan menyenangkan jika dilakukan, apalagi jika akhirnya bisa menghasilkan uang.

"Yang paling dekat dengan kita adalah hobi. Misalnya yang suka menjahit, ya (bisa bisnis) menjahit, yang suka masak ya masak, dan lain-lain," ujar Atalia.

Untuk pemasarannya, ibu rumah tangga pasti rata-rata sulit jika harus menjual dagangannya sendiri, misalnya ke pasar atau membuka toko. Dibikin simpel aja, kamu bisa menitipkan produkmu pada orang lain yang memiliki toko atau tempat usaha.

Baca Ini Juga Yuk: Ibu Bekerja Bisa Lakukan 3 Cara Ini Buat Jaga Kesehatan Jiwa

Apalagi, saat ini zaman sudah serba canggih dan mudah. Kamu bisa menjual produk dengan cara online. Hanya dengan menggunakan gawai, semuanya bisa terselesaikan. Hadirnya platform transportasi online juga akan memberi kamu kemudahan untuk proses pengantaran pesanan.

Bahkan, jasa pengiriman juga banyak yang menjalankan pola jemput bola. Artinya, kamu enggak perlu jauh-jauh ke lokasi jasa pengiriman untuk mengirim pesanan. Sebaliknya, justru kurir yang akan datang untuk membawa pesanan dari konsumenmu.

Jadi, kuncinya adalah kenali diri kamu sendiri dan potensi apa yang dimiliki. Sehingga, potensi atau hobi kamu bisa mendatangkan untung. Ibu rumah tangga juga harus memiliki semangat dan pandangan bahwa mereka adalah orang yang berarti bagi keluarga, termasuk diri sendiri. Sehingga, kemampuan dan potensi yang ada bisa dimanfaatkan untuk hal positif yang lebih besar.

"Kenapa harus menggali diri untuk mengenal potensi diri mereka? Supaya apa? Supaya mereka (ibu rumah tangga) tahu apa sesungguhnya yang menjadi passion mereka, keinginan mereka, untuk bisa jadi seseorang yang berarti," jelas Atalia.

Nah, para ibu rumah tangga mulai tertarik untuk berbisnis? Jika tertarik, pintar-pintar mengatur waktu ya. Jangan sampai kewajibanmu di rumah terbengkalai.


Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler