8 Tips Hindari Stres di Tempat Kerja

Bandung - Tempat kerja biasanya jadi salah satu tempat yang mengakibatkan seseorang mentalnya terganggu, contohnya stres. Potensi ini bisa dialami siapapun loh TemanBaik tanpa memandang apa jenis pekerjaan dan di mana tempat kerjanya.

"Profesi apapun memungkinkan seseorang mengalami stres," ujar Direktur Utama Rumah Sakit Jiwa Jawa Barat Elly Marliyani.

Penyebab stres sendiri beragam, mulai dari beratnya tekanan di tempat kerja, suasana kurang menyenangkan, serta berbagai hal lainnya. Tapi, ada cara khusus untuk mencegah stres di tempat kerja. Cara ini idealnya dilakukan oleh karyawan maupun manajemen perusahaan. Apa saja ya?

1. Pastikan Aliran Udara Baik dan Bersih
Ruang kerja dengan sirkulasi udara yang baik ternyata sangat efektif untuk mencegah stres. Bahkan, berdasarkan hasil studi dari Harvard, ruangan kantor dengan udara yang bersih dan segar bisa membuat performa karyawan membaik.

2. Gunakan Cat Warna Hijau
Ruangan yang dindingnya dicat dengan warna hijau punya dampak positif loh TemanBaik. Dari hasil penelitian, warna hijau memiliki sifat atau efek menenangkan sekaligus meningkatkan kreativitas.

3. Jangan Ragu Ungkapkan Keluhan
Saat TemanBaik mendapat beban kerja yang dirasa berlebih, apa kamu mengungkapkannya pada atasan? Idealnya, keluhan atau beban yang kamu rasakan sebaiknya diutarakan para atasan. Jika diutarakan, maka karyawan dan atasan bisa sama-sama mencari jalan keluar terbaik. Sehingga, kinerja kamu bisa tetap maksimal, kinerja perusahaan juga tetap terjaga.

4. Hadirkan Ruang Konseling
Hal ini masih belum banyak disadari oleh manajemen perusahaan. Hadirnya ruang konseling kesehatan jiwa justru sangat penting untuk perusahaan. Sehingga, jika karyawan memiliki masalah, yang bersangkutan bisa berkonsultasi pada orang yang tepat. Sebab, jika dibiarkan tanpa konseling, yang dikhawatirkan justru kinerja karyawan akan menurun atau bahkan menjadi buruk.

5. Simpan Tanaman di Ruang Kerja
Hal ini mungkin dipandang sepele. Tapi, hadirnya tanaman, tentunya tanaman hias, bisa membuat suasana kantor terasa lebih segar. Apalagi jika tanaman hias yang disimpan di ruangan memiliki bunga atau warna yang indah dan wangi.

6. Lakukan Peregangan
Coba deh ingat-ingat sama TemanBaik, kamu pernah enggak melakukan peregangan di sela bekerja. Peregangan ternyata membant mengurangi stres pada otot yang memicu mood buruk dan rasa kesal.

7. Atur Pencahayaan
Tata cahaya di ruang kerja juga penting loh untuk mencegah stres. Usahakan deh kamu pilih tempat duduk yang terkena cahaya matahari. Jika enggak memungkinkan, atur deh pencahayaan di ruangan. Intinya, jangan terlalu terang, tapi jangan terlalu gelap. Yang penting, pencahayaan itu bikin kamu nyaman saat bekerja.

8. Hindari Makan di Meja Kerja
Usahakan untuk tidak makan di meja kerja ya. Lebih baik makan di tempat lain deh, terutama di luar ruang kerja. Dengan begitu, tubuhmu akan 'dipaksa' bergerak untuk menuju tempat makan. Bahkan, lebih disarankan kamu makan bersama teman-teman. Sebab, makan bersama teman akan membuat suasana hati lebih menyenangkan dan tentunya kamu bisa berinteraksi untuk kebutuhan sosial.


Foto ilustrasi Unsplash.com
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler