Deretan Mobil Antik Volkswagen Dipamerkan di JVWF 2019

Yogyakarta - Setelah diselenggarakan pertama pada tahun 2013, 'Jogja Volkswagen Festival' alias JVWF kembali digelar tahun ini pada tanggal 9-10 November 2019 di Jogja Expo Center (JEC). BeritaBaik berkunjung pada hari kedua, Minggu (10/11) malam.

Saat memasuki pameran, pengunjung langsung disambut dengan VW Beetle 1974 seri 1303 gaya 'German Look' yang disiapkan sebagai lucky draw saat masuk ke dalam ruang display. Hanya dengan 50 ribu rupiah, pengunjung bisa mendapatkan kesempatan untuk membawa pulang Volkswagen berwarna abu-abu gelap itu.

Deretan mobil yang dipajang juga enggak kalah memukau. Yumos Garage membawa dua mobil dengan jenis berbeda berbahan dasar aluminium. Pertama, jenis VW Beetle yang disulap jadi Porche 64 Berlin-Rome, salah satu mobil terlangka di dunia. Mobil kedua adalah VW Combi yang interiornya diubah berbahan aluminium.

Tiga Volkswagen modifikasi yang diseleksi langsung oleh tim Intersport seperti VW Golf MK5 GTI 2005 (Daris Abyan-Rajawali Auto Garage), VW Beetle 1302 German Look 'Si Orens' (Tito), dan VW Super Beetle 1303 Sunroof milik Erwin Djohansyah yang dibangun Marza Noor juga banyak menarik minat pengunjung.

Selain VW jenis Beetle, Combi, dan Safari, terlihat pula Volkswagen Thing tahun 1970-an dengan gaya modifikasi masing-masing, salah satunya tahun 1972 buatan Yanto CL Otoresto Jakarta yang masih mempertahankan bentuk asli mobil ketika pertama kali diproduksi.

"Ada 80 mobil yang dipamerkan di JVWF 2019. Kualitasnya meningkat dan bisa dibilang lebih gila dari tahun lalu," kata Tjahjo Widjojono selalu Ketua Panitia.

Baca Ini Juga Yuk: FIORS-C Indonesia, Komunitas Mobil yang Selalu Utamakan Keluarga

Pengunjung yang datang tidak hanya penggemar dewasa saja loh, TemanBaik. Banyak anak-anak bersama orang tua mereka yang terlihat antusias mengunjungi event dua tahunan itu. Mereka terkesima dengan mobil VW yang dipajang, bahkan sanggup untuk berdiri berlama-lama di depan mobil. Sesekali terdengar rengekan ingin masuk mobil yang mereka taksir itu.

JVWF tahun ini punya banyak perbedaan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Pengunjung juga dibuat berdecak kagum oleh beberapa aksi di area outdoor, salah satunya 'Intersport Burnout'. Banyak pengunjung yang penasaran gimana caranya si VW jenis Beetle yang dikenal elegan dan kalem digeber hingga keempat ban mobil bisa berasap.

Akhirnya rasa penasaran itu perlahan terjawab saat dua mobil VW Beetle masuk ke area outdoor. Mobil pertama tipe Beetle 1200 yang diproduksi 1961 bernama Belo, kemudian si Kodok Biru tipe Super Beetle 1302 LS produksi 1972 menyusul.

Tampilan kedua Beetle berkapasitas 2060cc yang kelihatan imut itu langsung berubah gahar sewaktu dua rider menggeber mesin secara maksimal sampai asap tebal mengepul. Suara kerja mesin yang menderu bikin lupa pengunjung kalau yang sedang burnout itu adalah tipe VW.

"Saya kira VW itu mobil keluarga, mobil buat santai. Tapi di JVWF malah burnout, gila sih memang ridernya. Brutal banget tapi keren," kata Yadi Darmawan, pengunjung asal Lampung usai menyaksikan Intersport Burnout.

Antok, pengunjung asal Jogja juga memberikan komentarnya kepada BeritaBaik. "Dua hari saya ke sini terus dari kemaren, kebetulan lagi ada booth di luar. Seneng saya, acaranya meriah banget, apalagi untuk VW kan yang ada di Jogja ini acaranya cuma dua tahun sekali ya, syukur-syukur sih pengennya setiap tahun," katanya.

Pengunjung asal Bandung yang bernama Bibit juga ikut mengomentari tentang acara ini. "Saya sama temen-temen saya jauh-jauh dari Bandung dateng ke Jogja cuma buat acara ini. Kita berangkat dari Bandung Jumat pagi, nyampe Jogja Jumat sore. Ya acaranya cukup meriah lah ya, semoga acaranya lebih sering lagi. Tadi saya juga habis beli merchandise kaos nih," tutur Bibit sambil menunjukkan kaos yang baru dibelinya.


Foto: Hanni Prameswari/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler