Ini Dampak Ortu yang Jadi Korban Kekerasan di Masa Kecilnya

Bandung - Mendidik anak penuh kekerasan, baik secara fisik maupun mental, jelas akan berdampak buruk. Anak berpotensi mengalami gangguan pada kesehatan jiwanya. Ini juga akan berdampak saat anak tersebut kelak dewasa dan memiliki anak loh.

Kepala Kelompok Staf Medis (KSM) Ilmu Kedokteran Jiwa Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung Veranita Pandia memberi penjelasan. Ada dampak yang mungkin dilakukan orang tua dengan masa kecil penuh kekerasan.

"Ada dua kemungkinan, dia akan melakukan hal yang sama pada anaknya atau justru sebaliknya," ujar Veranita kepada BeritaBaik.id.

Kemungkinan pertama, orang tua akan terjebak pada pemikiran apa yang dialaminya di masa kecil harus ditiru kepada anaknya. Tujuannya mungkin baik, misalnya ingin mencetak anaknya menjadi orang hebat. Padahal, mendidik anak dengan kekerasan belum tentu membuat misi itu terwujud.

Baca Ini Juga Yuk: Ini Dampaknya Jika Ibu dan Ayah Tak Kompak Saat Mengasuh Anak

Untuk kemungkinan kedua, orang tua berpikir lebih bijak. Yang bersangkutan merasa kekerasan di masa kecil sebagai hal yang tak menyenangkan. Sehingga, orang tua yang berpikir seperti ini akan berusaha menghindari mendidik anak dengan kekerasan.

Lalu, apa yang harus dilakukan para orang tua dalam mendidik anak? Hal ini tentu akan kembali pada pribadi masing-masing. Setiap orang tua punya hak untuk mendidik anaknya. Tapi, pikirkan baik-baik jika ingin mendidik anak dengan kekerasan.

"Ini akan tergantung cara pandang orang tua tersebut. Apa yang dia rasakan jadi pelajaran bagi dia saat jadi orang tua (akan menerapkan kekerasan atau tidak pada anak)," tutur Veranita.


Foto ilustrasi Unsplash.com


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler