Lakukan Ini Supaya Kamu Sehat dan Terbebas dari Diabetes

Bandung - TemanBaik lagi ketagihan minuman boba manis atau santapan siap saji? Boleh sih, tapi mulai batasi sejak muda ya karena potensi terkena diabetes tak mengenal usia.

Ahli Nutrisi dari Youvit Vitamin Gummy, Rachel Olsen mengungkapkan, perkembangan bisnis kuliner di Indonesia memang melahirkan banyak jajanan modern yang rasanya lezat. Tapi kalau disantap kebanyakan, kandungannya bisa meningkatkan risiko diabetes.

Enggak cuma gula loh, ternyata makanan yang mengandung lemak jenuh, minyak dan tepung berlebihan juga bisa menyebabkan fungsi organ hati dan pankreas jadi lelah saat menetralisir kandungan gula dalam darah. Alhasil penyakit diabetes pun bisa menyerang tubuh kapan saja.

"Selama ini kan ada anggapan kalau penyebab diabetes itu karena mengkonsumsi gula. Tapi kalau melihat tren junk food, kolesterol juga bisa memicu diabetes loh. Apalagi kalau melihat jajanan kekinian yang serba memakai pemanis, penyedap, keju, minyak berlebihan dan juga material dengan glicemik indeks yang tinggi," ujar Rachel kepada BeritaBaik, Kamis (14/11/2019).

Rachel bercerita, untuk terhindar dari diabetes baiknya TemanBaik melakukan perubahan hidup sejak dini. Tantangan pribadi ini bisa dilakoni dengan mengganti pola makan dan juga kebiasaan baik yang lebih sehat dan seimbang.

Baca Ini Juga Yuk: 5 Makanan Ini Bisa Turunkan Kolesterol Loh

Misalnya jika terbiasa kongko di kafe dan menyantap aneka menu yang mengandung tepung dan kolesterol tinggi dengan whole food atau yang sifatnya alami. Nah kalau kamu pengin minuman manis yang berbasis susu atau kopi, sesekali boleh juga sih.

"Jadi begini ya, kalau kadar kolesterol dalam tubuh masih dalam kondisi normal, kita sebenarnya boleh makan atau minum yang manis tanpa khawatir terkena diabetes. Karena kalau fungsi organ prankreas optimal, gula darah masih bisa dinetralisir dengan hormon insulin," katanya.

Apa saja sih makanan yang sehat agar terhindar dari diabetes? Buat Rachel sangat mudah dijumpai loh. Kamu cukup batasi melahap protein hewani, minyak jenih, gorengan, dan semua hal yang mengandung tepung.

Sebagai gantinya, TemanBaik bisa mengkonsumsi berbagai jenis sayuran dan buah-buahan dan karbohidrat yang kandungan glicemik indeksnya rendah. Misalnya ubi singkong, nasi merah dan gandum utuh.

"Kalau bicara sayuran dan buah pasti banyak banget ya, bisa brokoli, sayuran berwarna hijau dan buah-buahan yang bebas lemak dan serat tinggi. Kalau durian dan pisang memang jangan terlalu banyak karena terlalu manis," rincinya.

Satu hal lagi kata Rachel, untuk terbebas dari risiko diabetes, yuk jangan malas bergerak. Mulai hari ini, awali untuk jalan kaki di sekitar tempat tinggal kami setidaknya 30 menit sehari. Kalau sibuk, dua hari sekali juga boleh loh.


Foto: dok. Youvit


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler