Bebaskan Rasa Cemas dengan Cara Sederhana Ini Yuk!

Bandung - TemanBaik pernah enggak sih merasa cemas saat WhatsApp kita tak dibalas seseorang? Jangan dulu berburuk sangka ya, karena banyak alasan yang belum kita ketahui.

Nah cerita kecemasan ini biasanya terjadi di tengah keseharian perempuan modern. Dianggap hal simpel, ternyata hal-hal kecil ini berpotensi menjadi bibit-bibit munculnya gangguan kecemasan akut atau anxiety disorder.

Nah berangkat dari banyaknya permasalahan kecemasan di kalangan perempuan, Beritabaik.id berkolaborasi dengan Goddes Witch Project bakal menggelar satu workshop keren bertitel 'Bebas Cemas: Sebuah Pendekatan Holistik untuk Mengatasi Kecemasan pada Perempuan', Selasa (26/11/2019) di Studio 39, Jalan Cipunagara No 39, Bandung.

Ahli Postur dan Praktisi Traditional Chinese Medicine (TCM), Ani Purwandini mengatakan dalam workshop tersebut dia bakal berbagi tips jitu loh bagaimana mengatasi kecemasan dengan cara yang holistik dan melalui pendekatan TCM.

"Kecemasan paling mendasar itu biasanya yang berkaitan dengan kecemasan sosial. Ketakutan untuk dibenci, dibicarakan orang hingga dihakimi. Akibatnya nanti berdampak ke tubuh seperti tegang, lemas, mual, gemetar, insomnia dan banyak lagi," ujar Ani kepada BeritaBaik.

Uniknya nih TemanBaik, sebenarnya kecemasan itu ada dualisme loh antara efek baik dan buruknya. Di sisi lain, kecemasan bisa menjadi border untuk menyelamatkan diri kita. Sebaliknya jika sudah terpola dan dipelajari tubuh lalu direspons otak, maka hal itu pula yang akan berdampak kurang baik buat tubuh kita.

Baca Ini Juga Yuk: 4 Tips Merawat Diri untuk Kesehatan Mental dari Psikolog

"Jadi bila kecemasan terjadi berulang-ulang, maka tubuh kita menjadi restless atau tidak istirahat. Ibaratnya, saat kita kurang tidur maka kondisi tubuh pun jadi labil, kurang ajeg dan tidak bisa jernih dalam menyikapi sebuah kondisi.

"Di workshop ini saya akan mencoba memberikan panduan, bagaimana sih caranya kita bebas dari kecemasan, termasuk menguraikan beberapa tipe kecemasan yang kerap terjadi di tubuh perempuan. Ini juga dikaitkan dengan ilmu holistik TCM" katanya.

Menurut Ani, selain kecemasan yang dibangun sendiri, gaya hidup seperti pola makan dan kebiasaan kurang bergerak juga jadi pemicu timbulnya anxiety. Maka solusi paling tepatnya, kamu jangan mager alias malas gerak ya TemanBaik.

Usahakan untuk berjemur saat pagi dan melakukan gerakan untuk tubuh kamu agar suhu badan lebih hangat dan badanmu akan lebih luwes saat menjalani aktivitas.

Perlu diingat juga ya TemanBaik, bangun pola makan yang sehat dan seimbang dan mulai untuk mengurangi konsumsi gula. Menurutnya, kebanyakan gula yang tersimpan di dalam tubuh, menyebabkan kamu swing mood dan memicu peradangan loh.

"Biar tubuhmu enggak kaku, mulai movement di dalam ruangan. Bisa rumah atau tempat kerja. Kalau sudah berhasil, kamu perluas untuk bergerak di luar rumah. Ini juga jadi terapi agar tubuh tak kaku dan mengalami kecemasan," pungkasnya.

Seperti apa lengkapnya? TemanBaik jangan lewatkan workshop keren ini ya. Untuk informasi dan pendaftaran, kamu bisa hubungi tautan berikut wa.me/6281911324712


Foto: dok. Ani Purwandini


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler