Air Hujan Bikin Bodi Mobil Kusam? Ini Cara Mencegahnya

Bandung - TemanBaik sudah tahu belum jika mobil akan terkena dampak negatif setelah terkena air hujan? Bodi kendaraan akan mudah terlihat kusam, bahkan terlihat ada bintik-bintik. Itu karena air hujan mengandung zat asam yang akan bereaksi saat bertemu dengan bodi mobil.

Tapi, tenang, ada triknya kok biar bodi mobilmu tetap cantik dan kinclong. Triknya juga simpel kok dan bisa kamu lakukan sendiri. Jadi, kamu enggak perlu mengeluarkan uang banyak untuk melakukannya.

"Air hujan itu sebentar saja bisa langsung timbul bercak-bercak (pada bodi mobil) kalau enggak langsung dicuci. Rajin-rajin aja langsung menyuci mobil sehabis kena hujan," kata Ketua Umum Fiesta Owner's Club (FIORS-C) Indonesia Noorman Adam kepada BeritaBaik.id.

Baca Ini Juga Yuk: FIORS-C Indonesia, Komunitas Mobil yang Selalu Utamakan Keluarga

Untuk mencucinya, penggunaan shampo khusus untuk kendaraan sangat disarankan. Tapi, sebenarnya secara umum shampo merk apapun boleh digunakan. Yang penting adalah cuci kendaraan dengan shampo agar menghilangkan zat asam dari air hujan.

Tapi, jika kamu mencucinya sendiri, pastikan bagian sensitif pada mobil tidak tersiram air. Sebab, pada mobil tertentu, ada bagian yang 'haram' tersiram air karena akan berujung kerusakan. Pada Ford Fiesta misalnya, area terlarang untuk disiram air adalah di bagian mesin.

Setelah itu, pastikan kendaraan dilap dengan lap yang mudah menyerap air. Sehingga, bodi mobil akan segera kering. Jika hal ini rajin TemanBaik lakukan setelah mobil terkena air hujan, bodi mobil akan tetap kinclong.

"Dengan begini enggak akan keluar banyak uang buat poles ke salon," ungkapnya.

Jika kamu malas mencuci mobil setelah terkena air hujan, ya risikonya kendaraan kamu akan mudah kusam dan terlihat ada bintik-bintiknya. Kalau ini sudah terjadi, kamu harus ke salon mobil untuk memolesnya biar kembali terlihat kinclong.

Pilihannya ada di tangan kamu. Jika malas mencuci mobil setelah terkena air hujan, kamu harus siap-siap ke salon dan mengeluarkan kocek lumayan. Atau kamu memilih mencucinya sendiri daripada terlambat dan ujung-ujungnya harus ke salon?

Foto ilustrasi Unsplash.com


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler