Uniknya One Line Drawing, Menggambar Tanpa Mengangkat Tangan

Bandung - Dalam dunia seni menggambar, ada banyak teknik yang digunakan. Namun teknik bernama one line drawing ini terbilang unik karena pengerjaannya yang butuh konsentrasi dan kecepatan tangan. One line drawing sendiri adalah teknik menggambar dalam satu tarikan garis atau tanpa tangan dan alat tulis mengangkat dari kertas sebelum gambar selesai.

Andi Yudha Asfandiyar adalah orang yang menemukan teknik ini. Ia juga telah mendaftarkan teknik ini ke HaKI (Hak atas Kekayaan Intelektual) Kementerian Hukum dan HAM.

Pada beritabaik.id Andi menuturkan awal mula menggunakan teknik One line drawing ini. Kala itu, tahun 2013 saat sedang berada di Belgia ia melihat sebuah momen.

"Saat itu saya sedang berada di lantai 2 rumah, sedang turun hujan salju yang sangat lebat. Saya lihat ke jalan, ada ibu yang sedang menuntun anjing bersama dua anaknya yang masih kecil-kecil. Itu bagi saya adalah momen yang menarik. Karena kalau di Indonesia kan gerimis sedikit saja anak-anak sudah tidak boleh kelar," ujar Andi.

Ia pun mencoba mencari handphone atau kamera miliknya untuk mengabadikan hal itu. Namun kedua gawai itu terletak di lantai 3. Yang ada saat itu hanya pensil dan kertas.

"Saya langsung gambar saja. Takut keburu mereka belok dan hilang. Setelah mereka berbelok dan hilang dari pandangan, saya lanjutkan menggambar background-nya, rumah-rumah dan lainnya. Ketika selesai, saya sadar kalau gambaran itu tidak pernah terputus, itu awalnya saya pakai teknik one line drawing," tutur lulusan Desain Grafis ITB 1991 itu.

Baca Ini Juga Yuk: Andi Yudha, Sosok Segudang Talenta yang Cinta Dunia Anak-anak

Andi pun sempat mencoba mendaftarkan teknik itu untuk ke bagian HaKI internasional, namun karena terganjal ia pun akhirnya mendaftarkan ke HaKI Indonesia. "Jadi seperti Mas Weda yang menemukan teknik WPAP, saya tidka menarik royalti, hanya saja kalau mau diperjualbelikan didorong untuk mengapresiasi dengan menuliskan Oeled by Andi Yudha.

Untuk mengerjakan gambar dengan teknik ini memang terbilang tidak mudah loh. Menurut Andi, di Indonesia masih jarang bahkan yang menggunakan teknik ini. "Kalau dari jauh mungkin terlihat one line drawing, tapi pas dilihat dekat ternyata ada garis terputus," katanya.

Satu gambar berukuran A4 biasanya dikerjakan dalam waktu 5-20 menit tergantung kerumitan. Terlama, Andi pernah menggambar tanpa mengangkat tangannya dari kertas hingga 1 jam loh.

Sudah ratusan gambar dengan teknil one line drawing yang dibuat Andi. Bahkan jika mengunjungi tempat-tempat wisata, bukannya memotret, Andi malah lebih suka menggambar.

TemanBaik mau lihat uniknya gambar-gambar one line drawing? Lihat saja ke instagram @andiyudhamio


Foto: Nita Hidayati/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler