Cara Menerima Diri Sendiri ala Ucita Pohan

Jakarta - Menerima kekurangan diri memang hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Tapi meski sulit, kita bisa kok belajar menerima diri sendiri. Jika TemanBaik mampu menerima diri, dijamin kamu bakal lebih sehat dan tentunya bikin hidup kamu lebih bahagia.

Penyiar dan penulis Ucita Pohan berbagi tipsnya nih buat kamu soal bagaimana menerima diri. Menurutnya, yang paling penting adalah menerima dan tidak menyangkal keadaan tersebut.

"Untuk teman-teman yang memiliki badan tidak ideal menurut aku terima dulu keadaan tersebut. Jangan denial, tapi jangan juga dijadikan itu satu hal yang membuat kita terpuruk dan merasa jelek," jelas Ucita Pohan saat ditemui di Jakarta beberapa waktu lalu.

Fashion & beauty enthusiast ini juga mengatakan kalau kita harus mengakui bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Meski begitu, hindari untuk menghina atau mengkritisi diri sendiri ya.

"Tapi juga jangan menghina diri sendiri, jangan self critic diri kita sendiri terutama badan. Hindari self critic berlebihan but then jangan deny juga. Terima dulu tapi itu tidak membuat kita jelek karena semua orang punya bentuk berbeda terlahir berbeda, apa yang akan membuat kita nyaman, coba lakukan itu," paparnya.

Kalau TemanBaik sudah merasa enggak nyaman dengan tubuh, maka hal yang perlu kamu lakukan adalah menjaga kesehatan. "Then, do something about it. Misalnya memang tubuh kita secara kesehatan ternyata menggangu ya sudah berarti kita memang harus exercise dan harus melakukan hal baik buat badan kita. Makan makanan yang baik, melakukan gerakan yang baik, yang semuanya itu untuk membuat tubuh kita atau rumah kita ini nyaman buat diri kita sendiri," terangnya.

Selain tidak menyangkal dan tidak self critic pada diri sendiri, Ucita juga memaparkan bagaimana cara dia belajar menerima diri sendiri. Caranya dengan menerima dan menghargai orang lain seutuhnya. "Belajar untuk menerima manusia atau menghargai manusia itu seutuhnya dari jiwa raga dan sikap, aku jadi bisa melakukan itu ke diriku sendiri," ungkap Ucita.

"Manusia itu bukan cuma masalah casing, casing itu bisa berubah, bisa dibuat-buat juga. Tapi kan kesan yang kita terima dari beberapa orang ini yang akan membekas dan memberikan arti buat kita adalah kesan," tambahnya.

Baca Ini Juga Yuk: Kenali Diri dari Beragam Cerita Perempuan di 'Self Love Talk'

Kini, ia selalu berusaha untuk melakukan hal tersebut kepada orang lain. Karena menurutnya, rasa tidak percaya diri pada penampilan diri bisa jadi karena kita masih menilai penampilan orang lain.

"Aku melakukan hal yang sama (menilai orang lain) tanpa disadari, sometimes kita juga akhirnya masih enggak pede sama penampilan kita karena kita itu masih menilai orang. Itu karena kita masih melihat orang dari penampilannya kalau kita sampai enggak pede sama penampilan kita," tutur penyiar Cosmopolitan Jakarta ini.

Ucita juga menceritakan pengalamannya saat pertama kali mencoba program diet. "Pertama kali diet, karena mau perform. Badannya harus fit, kuat dan lainnya, jadi aku diet dengan pola-pola diet yang ada, tapi dietnya itu didasari dengan kebutuhan untuk perform jadi kan untuk menunjukan sesuatu ke orang," ujarnya.

Meski kala itu ia berhasil menurunkan berat badan, namun ia merasa tidak bahagia. "Nah akhirnya, aku turun berat badannya, tapi enggak happy. Jadi setelah tiga bulan aku enek banget dengan pola diet seperti itu yang ada malah jadi kayak istilahnya balas dendam," kenangnya.

Sampai akhirnya ia berpikir kalau berat badan ideal bukan merupakan jawaban. Bagi Ucita, yang paling penting adalah tubuh merasa nyaman dan sehat. Caranya dengan mengenali tubuh sendiri dan melakukan apa yang dibutuhkan tubuh.

"Jadi akhirnya aku berpikir oh iya teryata itu bukan jawaban ya (berat badan). Akhirnya makin ke sini makin mencari apa (yang dibutuhkan), dengan kenalan sama tubuhnya apa yang dibutuhin sama dia (tubuh) kita jangan berlebihan dan memang self care itu penting di batasan-batasan yang memang sesuai. Misalnya tubuh gue butuh exercise, sesuaikan dengan kebutuhan untuk kesehatan dan kebugaran tubuh," ungkap Ucita.

Saat ini, Ucita melakukan pola diet sebagai upaya untuk membuat tubuhnya lebih sehat. "Pola diet dan asupan yang aku lakukan sekarang basic-nya membuat tubuh aku lebih sehat, jadi bukan karena timbangan lagi," pungkasnya.


Foto: Avitia Nurmatari/beritabaik.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler