Tips Cuci Mobil Sendiri Agar Bersih dan Mengkilap

Bandung - TemanBaik yang memiliki mobil pasti mau dong mobilnya selalu terlihat bersih dan mengkilap? Membawa mobil ke salon mobil tentu jadi solusinya. Tapi, ada sebagian pemilik yang justru lebih senang mencuci mobilnya sendiri dengan berbagai alasan.

Jika kamu termasuk orang yang gemar mencuci mobil sendiri, ada tipsnya nih dari pemilik bisnis salon mobil Nano Ceramics Louis Sugihartono. Simak ulasannya yuk TemanBaik!

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih sampo khusus untuk mobil. Sampo mobil seperti apa sih yang terbaik digunakan? "Sampo terbaik adalah yang zat lemaknya tinggi," kata Louis.

Berikutnya, pastikan lap dan spons digunakan untuk bagian berbeda pada mobil. Lap digunakan untuk bagian bawah mobil. Sedangkan spons untuk bagian atas alias bodi dan kaca. Setelah itu, siap-siap deh mencuci.

Baca Ini Juga Yuk: Air Hujan Bikin Bodi Mobil Kusam? Ini Cara Mencegahnya

Yang tak kalah penting, jangan mencuci mobil dalam keadaan masih panas. Pastikan juga mobil disimpan di tempat teduh saat dicuci alias jangan terkena sinar matahari secara langsung. Lalu, bagian apa yang harusnya dicuci?

"Siram terlebih dahulu semua bodi mobil, bersihkan bagian kolong dan velg. Selanjutnya baru bodi dan kaca mobil," ujar Louis yang juga member FIORS-C Chapter Yogyakarta F900.

Setelah itu, baru deh kamu cuci menggunakan mobil dengan lap dan spons yang sudah memakai sampo mobil. Jangan biarkan mobil busa dari sampo lama-lama ada di mobil ya.

"Bila sudah disabun (menggunakan sampo mobil), jangan lebih dari 10 menit untuk disiram dengan air bersih. Selanjutnya, keringkan dengan lap microfiber dan kanebo halus," jelas Louis.

Jika langkah-langkah ini dilakukan, mobil kamu akan selalu terlihat bersih, mengkilap dan keren. Yang jelas, bodi mobil enggak akan mudah terlihat kusam.


Foto: Unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler