Nilai Pelajaran Anak Kurang Bagus? Begini Sebaiknya Sikap Ortu

Bandung - Anak biasanya akan mendapatkan pujian dari orang tua jika mendapat nilai bagus dalam pelajaran di sekolahnya. Mereka akan disebut anak pintar, anak hebat, atau sederet pujian lainnya. Bahkan, mungkin ada orang tua yang berebut pengakuan bahwa kepintaran sang anak berasal dari dirinya.

Tapi, biasanya hal berbeda justru terjadi sebaliknya. Saat nilai anak jelek, anak sama sekali tak diapresiasi. Bahkan, mereka seolah dihakimi karena dinilai malas belajar, tak nurut pada orang tua, atau justru ujung-ujungnya diberi hukuman oleh orang tua.

"Kasihan anak ketika hanya nilainya bagus dipuji dan diakui orang tua, tapi ketika nilainya jelek justru sebaliknya," ujar Kepala Seksi Pemenuhan Hak Anak DP3APM Kota Bandung Iip Saripudin.

Hal ini akan berdampak positif jika anak merespon nilai dan sikap orang tuanya dengan baik. Si anak mungkin akan lebih semangat belajar agar mendapatkan nilai bagus. Tapi, hal sebaliknya bisa terjadi loh. Bisa saja anak justru turun semangatnya dan nilai pelajarannya di sekolah jadi lebih buruk.

Baca Ini Juga Yuk: Orang Tua Wajib Tahu! Ini Ciri-ciri Anak Bahagia

Yang harus dilakukan adalah bertanya baik-baik kenapa anak mendapatkan nilai jelek di sekolah. Pasti ada penyebabnya kok. Hal itu yang kemudian harus dicari solusinya. Jika anak kesulitan mencerna pelajaran, carilah solusi, misalnya dengan diajarkan oleh orang tuanya atau belajar di tempat les. Jika ternyata ada masalah lain, segera selesaikan agar anak bisa belajar dengan baik.

Tapi, yang tak kalah penting adalah membangun semangat anak. Sehingga, ketika mereka mendapatkan nilai jelek, mereka akan termotivasi untuk memperbaikinya. Peran orang tua adalah yang paling penting dalam hal ini.

"Contohnya begini. Bapak dulu juga pernah nilainya jelek. Tapi karena mau belajar, akhirnya nilainya bisa baik. Kuncinya adalah komunikasi dengan baik. Angkat dulu semangat anak (yang mungkin jatuh karena nilainya jelek)," ungkap Iip.

TemanBaik, khususnya para orang tua, sudah tahu kan apa yang harus dilakukan jika nilai pelajaran anak tak sesuai harapan? Jangan jadi penyebab nilai mereka justru semakin jelek ya.


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler