Anak-anak Mencontoh Perilaku dan Sikap Ini dari Ayahnya

Peran ayah dalam perkembangan anak ternyata sangat besar loh TemanBaik. Sosok ayah akan menjadi contoh bagi anak-anak dalam bersikap dan berperilaku loh. Apa saja sih hal-hal yang biasanya akan dicontoh anak-anak dari ayahnya? Psikolog Aisyah Almah Siminah membaginya pada TemanBaik.

Ia menuturkan ayah yang turut serta dalam perkembangan anak (father involvement), akan membangun secure attachment dengan anak.

"Semakin anak dan ayah memiliki jenis attachment yang secure, maka anak akan memiliki rasa empati yg lebih tinggi,  meningkatkan kompetensi kecerdasan, memiliki keyakinan akan gender stereotype yg lebih sedikit, dll," ujar Aisyah.

Baca Ini Juga Yuk: Ini Dampaknya Jika Ibu dan Ayah Tak Kompak Saat Mengasuh Anak

Ayah mempengaruhi anak melalui sikap, perilaku, dan pesan yg disampaikan. Anak-anak akan belajar melalui cara ayah mereka merawat, mengajarkan, bermain. Karena itu, ayah menjadi role model bagi anak.

Aisyah menyebutkan hal apa saja yang diikuti anak-anak dari ayahnya.

1. Cara berkomunikasi dengan orang lain
2. Cara memecahkan masalah
3. Cara menghadapi masalah
4. Cara pengendalian emosi

"Karena anak merupakan seorang peniru yang ulung," tuturnya.

Bahkan, bagaimana cara ayah memperlakukan perempuan, khususnya ibunya akan menjadi dasar bagi anak bagaimana contoh membangun hubungan yang sehat. Karena itu Aisyah berharap para ayah bisa menjadi contoh yang baik bagi anak-anaknya.


Foto: ilustrasi Unsplash.com


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler