Tak Cuma Meracik Kopi, Ini Kemampuan yang Perlu Dimiliki Barista

Bandung - TemanBaik tertarik menjadi seorang barista? Ternyata pengetahuan yang diperlukan untuk menjadi barista tidak hanya seputar meracik kopi saja loh. Nah, sebelumnya, kita cari tahu dulu apa sih sebenarnya itu barista yuk!

Barista sendiri memiliki arti sebagai seseorang yang meracik kopi. Tapi lebih dari itu berdasarkan wawancara yang Beritabaik lakukan pada dua barista ternyata mereka setuju kalau pekerjaan barista ternyata tidak sekadar itu saja.

Raka Firmansyah, seorang barista di Mabibili berpendapat bahwa seorang barista perlu memiliki pengetahuan yang baik seputar hospitality dan tentunya pengetahuan yang luas seputar kopi itu sendiri.

"Hospitality itu penting ya karena kan kita kerjanya secara enggak langsung juga berinteraksi sama pembeli. Kalo tempat kopi kan enggak sebatas karena tempatnya enak, kopinya enak, lebih dari itu kalau orang-orang balik lagi tuh karena kenyamanan dan pelayanan yang kita kasih," ujar Raka pada BeritaBaik, Kamis, (16/01/20).

Fajar Raka Subagja, seorang barista dari Kawan Kopi menambahkan bahwa seorang barista perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik. "Kita bisa dibilang jadi customer service, jadi kalo komunikasinya enggak bagus ya susah," ujarnya.

Sudah bergelut menjadi seorang barista selama bertahun-tahun membuat Raka juga menyadari bahwa modal meracik kopi saja tidak cukup di ruang lingkup profesinya. "Apalagi sekarang  customer kita sudah banyak yang punya pengetahuan kopi. Jadi banyak mengajak ngobrol seputar kopi ke kita. Ya kalau kita enggak bisa jawab malu dong," jawabnya terkekeh.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi itu menjelaskan bahwa setiap kopi memiliki karakteristik sendiri dan karakteristik inilah yang perlu dipahami oleh para barista. "Ngeluarin rasa kopinya sih sebenernya gimana kita ya, gimana variabel yang kita pake juga misal menyeduhnya di suhu berapa, gitu. Tapi yang paling penting itu mengerti dulu si kopi yang mau kita buat gimana sih karakter rasanya", ujarnya.

Lalu apa sih sebenarnya pengetahuan dasar yang perlu dimiliki jika kita tertarik menjadi seorang barista? Raka menuturkan, kita harus mengetahui jenis-jenis kopi, karakteristik kopi yang akan dibuat, alat-alat yang akan dipakai dan wajib memiliki selera yang baik.

"Bisa dibilang harus paham proses dari hulu ke hilirnya deh. Dari ditanam di mana, ketinggian berapa, proses setelah dipanennya gimana, roasting seperti apa, sebenernya banyak banget. Tapi yang paling inti sih cukup ilmu dulu seputar kopi yang mau diraciknya," paparnya.

Secara lebih lanjut Raka mengatakan bahwa setiap orang bisa belajar membuat kopi, tapi bukan kopi kemasan yang asal seduh ya TemanBaik. Paling penting, ada kemauan untuk belajar soal dasar pengetahuan seputar kopi.

"Dari situ kita bisa gabung-gabung sama komunitas kopi, banyak ngobrol sama barista-barista atau mungkin ikutan kelas untuk jadi barista. Trial and error deh, lama-lama juga kita akan mengerti sendiri dan punya taste yang oke," pungkasnya.

Foto: dok. Raka

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler