Sering Makan Ikan Asin Bisa Picu Kanker, Ini Penjelasannya

TemanBaik ada yang gemar mengonsumsi ikan asin? Mulai sekarang, sebaiknya kamu kurangi mengonsumsinya ya. Sebab, konsumsi ikan asin berlebih berpotensi memicu terjadinya kanker. Simak ulasannya yuk!

Dokter THT Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung dr. Yussy, Sp.THT-KL(K) mengatakan ada zat tertentu di dalam ikan asin. Saat terkena sinar matahari dalam proses pembuatannya, zat itu akan bereaksi.

"Ikan asin itu kan biasanya dijemur (dalam proses pembuatannya), akan ada reaksi tersendiri saat terkena sinar ultraviolet," ujar Yussy dalam diskusi seputar kanker di RSHS, Senin (20/1/2020).

Baca Ini Juga Yuk: Hal Penting Bagi Orang Tua yang Anaknya Mengidap Kanker

ikan itu dikonsumsi, di dalam tubuh juga akan bereaksi dengan menghasilkan zat karsinogen. Saat dikonsumsi terlalu sering, apalagi bertahun-tahun sejak kecil, hal ini bisa memicu terjadinya kanker nasofaring beberapa tahun kemudian.

"Kalau rutin dikonsumsi dari kecil, itu akan rentan terkena kanker nasofaring," ucap Yussy.

Apa sih kanker nasofaring ini? Kanker ini adalah jenis kanker yang tumbuh di rongga belakang hidung dan area belakang langit-langit rongga mulut.

Kanker ini menimbulkan gejala berupa benjolan pada tenggorokan, mengakibatkan penglihatan kabur, telinga berdengung, sakit kepala, mimisan, sakit tenggorokan, hingga sulit membuka mulut.

Jika tak ditangani dengan baik, kanker ini akan menyebar hingga ke jaringan atau organ tubuh lainnya loh TemanBaik, misalnya tulang selangka atau paru-paru.

Menurut Yussy, belum ada penelitian yang jelas untuk memastikan berapa tahun konsumsi ikan asin dan berapa takarannya hingga bisa memicu kanker, termasuk jenis ikannya. Tapi, langkah bijaknya adalah melakukan langkah preventif. Jangan sering-sering deh makan ikan asin.

"Disarankan bagi yang mengonsumsi ikan asin jangan rutin, sekali-sekali saja. Karena (jika sering dikonsumsi) akan mempercepat terjadinya tumor bila memang orang tersebut punya faktor risiko," imbau Yussy.

Foto: Oris Riswan Budiana/Beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler