Tubuh Kamu Ada Benjolan? Segera Periksakan untuk Deteksi Dini

Bandung - TemanBaik, jika ada benjolan di tubuh kamu, sebaiknya waspada ya. Segera periksakan ke dokter. Sebab, siapa tahu benjolan itu adalah tumor atau kanker.

"Paling penting itu begitu tahu ada benjolan harus konfirmasi (periksa) ke dokter. Karena nanti dokter akan memeriksa dan ada pemeriksaan penunjang," kata dokter bedah onkologi Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung Kiki Ahmad.

Baca Ini Juga Yuk: Pemprov Jabar Kembangkan Aplikasi Layanan Kesehatan Masyarakat

Yang jadi masalah, biasanya orang tidak terlalu memedulikan benjolan yang tumbuh di tubuhnya. Apalagi jika tidak menimbulkan rasa sakit, hal itu akan dibiarkan begitu saja.

Padahal, pembiaran seperti ini akan membuat benjolan tersebut berkembang. Benjolan yang semula dikategorikan sebagai tumor, ujungnya bisa berkembang menjadi kanker atau sering disebut dengan istilah tumor ganas.

"Pada umumnya masyarakat tidak aware (peduli), ketika ada benjolan, tidak dirasa nyeri, (dianggap) enggak apa-apa," jelas Kiki.

Hal itu menurutnya akan berbeda jika benjolan ada di tubuh seorang yang berprofesi sebagai dokter. "Kalau dokter, ketika ada benjolan, lebih paranoid dibanding cuma merasakan nyeri," ucapnya.

Sebab, saat masih dalam fase jinak, tumor itu kadang tak menimbulkan rasa sakit. Rasa sakit baru muncul kemudian setelah sel tumor berkembang menjadi ganas. Saat benjolan semakin besar dan dirasa menyakitkan, biasanya orang baru memeriksakan diri ke dokter.

Padahal, jika diperiksa sejak dini dan ketahuan benjolan itu kanker, penanganan bisa segera dilakukan. Sehingga, kans untuk berhasil ditangani jauh lebih besar. Hal itu akan berbeda ketika sudah menjadi kanker atau dalam kondisi parah. Proses penanganan akan lebih sulit.

Jadi, mulai sekarang kamu harus lebih waspada ya TemanBaik. Jangan anggap remeh jika ada benjolan yang tumbuh di tubuh kamu.

Foto: Oris Riswan Budiana/Beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler