Lakukan Ini Sebelum Beli Hewan dari Luar Negeri

Bandung - TemanBaik, kamu mungkin merasa ada banyak hewan di luar negeri yang langka dan menggemaskan. Mungkin kamu berpikir untuk membeli dan memeliharanya meski harus didatangkan dengan harga mahal.

Tapi, sebelum memutuskan membelinya, kamu harus memikirkan satu hal penting ya. Kamu enggak pernah tahu tentang kemungkinan hewan tersebut pada akhirnya akan menularkan zoonosis atau penyakit yang ditularkan melalui hewan.

"Lebih baik masyarakat waspada terhadap masuknya hewan-hewan eksotik langka dari luar Indonesia," kata Wakil Ketua Tim Infeksi Khusus Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung Anggraeni Alam.

Hal ini menurutnya dalam beberapa waktu belakangan ini luput dari perhatian masyarakat. Sebab, setelah ramai pemberitaan seputar virus corona alias COVID-19, justru muncul berbagai isu, salah satunya virus itu bisa menular melalui pakaian impor.

                                                                          Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id

Menurut Anggraeni, hewan langka yang didatangkan dari luar negeri harus dipastikan benar-benar sehat jika ingin dipelihara. Apalagi jika kamu membeli hewan melalui jalur tak resmi, jika sial, dikhawatirkan hewan yang dibeli dan dipelihara justru membawa bibit penyakit.

Baca Ini Juga Yuk: Ranah Bhumi, Bulk Store Komplit dan Terkurasi di Jogja

Ia pun berharap masyarakat peka terhadap hal ini. Daripada fokus termakan isu virus corona atau bibit penyakit lainnya bisa menular melalui barang, justru penularan penyakit melalui hewan harus lebih diwsapadai.

"Hewan (dari luar negeri) itu kita enggak tahu karantinanya. Itu yang harus lebih diwaspadai ketimbang impor produk komoditi," ucap Anggraeni.

Sebagai orang yang berkecimpung di dunia kesehatan, ia merasa perlu membagi pengetahuan tersebut. Bukan untuk menakut-nakuti, tapi membuat masyarakat waspada. Sehingga, kemungkinan terjangkit penyakit melalui perantara hewan bisa diminimalisir.

"Kita sebagai orang kesehatan konsen justru ke hewan-hewan langka, hewan eksotik yang keluar-masuknya luput (dari perhatian publik). Sehingga, kita inginnya masyarakat hati-hati deh dengan yang demikian," jelas Anggraeni.

Meski begitu, bukan berarti kamu enggak boleh membeli dan memelihara hewan dari luar negeri. Sebab, bagi pecinta hewan, tentu ada kepuasan tersendiri jika memelihara hewan yang langka ada di Indonesia.

Tapi, kewaspadaan harus ditempatkan di garda terdepan. Yang pertama, tentu kamu disarankan membeli hewan melalui jalur resmi. Ikuti juga berbagai aturan soal impor hewan.

"Kalau perlu (sebelum dipelihara) dikarantina dulu (untuk memastikan) hewan itu sehat atau enggak," Imbau Anggraeni.

Jika hewan sudah dipastikan sehat, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) tetap harus kamu jalankan. Salah satu yang wajib dilakukan adalah mencuci tangan dengan sabun setelah menyentuh hewan.

Foto: Ilustrasi Unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler