Berikut Hal-hal yang Harus Si Kecil Tahu Saat Bermain di Taman

Bandung - TemanBaik, jika kamu bermain ke taman dan membawa anak atau saudara yang masih kecil, beri mereka edukasi ya. Ada beberapa hal yang tak boleh dilakukan di taman.

Taman sendiri adalah ruang publik. Sehingga, keberadaannya wajib dijaga agar tetap nyaman bagi semua orang atau pengunjungnya. Tapi, ada beberapa kebiasaan buruk yang masih kerap terjadi. Padahal, kebiasaan itu tak seharusnya dilakukan. Apa saja ya?

1. Membiarkan Sampah
Salah satu kegiatan mengasyikan di taman biasanya adalah makan atau ngemil. Apalagi jika yang dibawa adalah makanan favorit si kecil, pasti mereka makin semangat deh menyantapnya.

Tapi, yang harus diingat adalah jangan membiarkan sampahmu begitu saja. Segera buang ke tempat sampah jika kamu nyampah. Iya, biasanya memang ada petugas kebersihan yang akan membersihkannya. Tapi, enggak ada salahnya kan kamu membuang sampahmu sendiri. Sehingga, pekerjaan petugas kebersihan di taman akan sedikit lebih ringan.

"Sebetulnya yang paling terlihat itu sampah. Mungkin (karena kurangnya) kesadaran warga, setelah makan mereka di taman, sampahnya enggak langsung dibuang di tempat sampah, tapi ditinggalkan begitu saja. Misalnya di situ ada meja, ditingalkan sampahnya di meja atau disimpan di bawah," kata Kepala Seksi Pemeliharaan Pertamanan DPKP3 Kota Bandung Yuli Ekadianty.

Jadi, ajarkan si kecil untuk menerapkan kebiasaan baik untuk tidak meningalkan sampah sembarangan ya. Ajarkan juga agar sampahnya dibuang si kecil ke tempat sampah.

2. Vandalisme
Aksi vandalisme bisa saja dilakukan anak kecil, bukan hanya oleh orang dewasa. Ini bisa terjadi jika si kecil membawalat tulis, spidol, atau bahkan pensil warna. Saat orang tua lengah, bisa saja si kecil mencorat-coret tembok, meja, atau benda-benda di taman.

Beri tahu mereka apa itu vandalisme. Berikan pemahaman kepada mereka bahwa aksi corat-coret benda atau fasilitas di taman akan merusak keindahan dan estetika.

3. Menginjak Kursi
Ini hal yang cukup sering terjadi, yaitu anak-anak menginjak atau berdiri di atas kursi. Apalagi jika kursinya terbuat dari kayu, kebiasaan seperti ini akan membuat kursi cepat rusak. Kondisi akan diperparah jika si kecil loncat-loncat di atas kursi.

Beri tahu si kecil bahwa kursi hanya untuk tempat duduk, bukan untuk diinjak. Segera ajak mereka turun dari kursi jika menginjaknya dan beri pemahaman konsekuensi dari tindakannya.

4. Memetik Bunga
Biasanya, taman memiliki aneka tanaman dan bunga-bunga yang indah. Bagi anak kecil, hal itu biasanya cukup menarik. Karena rasa penasarannya, bisa saja si kecil memetik tanaman atau bunga di lokasi.

Stop! Beri tahu si kecil jangan melakukan ini ya. Sebab, tanaman itu dengan susah payah ditanam petugas untuk membuat taman menjadi indah. Jika dirusak, tentunya keindahan taman juga akan berkurang.

Foto: Ilustrasi Unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler