Latihan Unik Persib Bandung, Belajar Memanah untuk Asah Fokus

Bandung - TemanBaik, klub sepak bola Persib Bandung punya cara unik nih dalam berlatih. Bukannya berlatih sepak bola, mereka justru dilatih memanah. Mau tahu keseruan dan tujuannya? Simak ulasan lengkapnya yuk!

Latihan memanah ini dilakukan di Lapangan Pajajaran, Kota Bandung, Rabu (26/2/2020). Tak hanya pemain, tim pelatih dan ofisiall tim juga ikut berlatih memanah. Mereka dilatih oleh dua instruktur panahan.

Menurut pelatih Robert Alberts, latihan yang digelar memang lebih kepada latihan ringan. Sehingga, tak banyak fisik yang terkuras mengingat kompetisi Liga 1 2020 tinggal beberapa hari lagi. Tapi, bukan sekadar unik karena tak pernah dilakukan tim Persib Bandung, belajar memanah memiliki tujuan lain, yaitu mengasah fokus.

"Panahan itu bagus, dibutuhkan fokus, dan tidak melelahkan karena agenda kami hari ini memang murni untuk pemulihan (kondisi fisik). Dengan memanah ini, pemain belajar untuk tahu apa yang dituju dan mencoba mencapai target tersebut," kata Robert.


Seluruh unsur tim pun diharapkan memiliki fokus yang baik, terutama pemain. Sebab, merekalah yang akan bertempur di lapangan hijau. Untuk melakoni kompetisi yang panjang, jelas butuh fokus dan konsentrasi tinggi. Sehingga, misi juara di kompetisi diharapkan tercapai.

Baca Ini Juga Yuk: Yuk! Perbanyak Aktivitas Fisik untuk Hindari Potensi Penyakit


Ryan Agung, instruktur panahan yang melatih tim Persib, mengatakan memang ada manfaat tersendiri dari olahraga memanah. Poin utamanya adalah melatih fokus. Hal ini dirasa akan berdampak positif bagi pesepakbola sebagai bekal menjalani pertandingan dan latihan.

"Selain melatih konsentrasi, latihan memanah ini melatih fokus terhadap target dan ini mungkin akan bisa disesuaikan dengan kondisi serta target tim Persib itu sendiri," tutur Ryan.

Sementara untuk latihan tersebut, kedua instruktur menerapkan berbagai modifikasi latihan. Sehingga, kegiatan memanah yang dilakukan bisa efektif tanpa membuat pemain merasa jenuh.

Sehingga, ia sengaja membuat semacam game yang mempertandingkan tim Persib setelah dibagi dalam beberapa kelompok. Hasilnya, canda tawa pun terlihat di dalam sesi latihan. Tapi, mereka tetap serius saat diminta untuk serius.

Di antara para pemain Persib, ternyata ada beberapa yang dinilai kemampuannya menonjol dalam memanah. Beberapa di antaranya adalah Supardi Nasir, Beckham Putra, dan Kim Kurniawan.

Untuk olahraga memanah sendiri, menurut Ryan tak hanya bagus untuk pesepakbola. Kegiatan ini juga bagus untuk masyarakat umum loh TemanBaik. Olahraga ini akan membuat kamu terlatih jadi pribadi yang fokus dalam melakukan sesuatu. Konsentrasi juga akan terlatih.

Tapi, untuk jadi atlet profesional, tentu butuh waktu dan latihan ekstra keras ya TemanBaik. Mulai tertarik untuk belajar memanah? Cobain deh belajar. Apalagi sekarang banyak klub memanah di berbagai daerah yang bisa jadi tempat kamu belajar memanah.

Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler