Kebiasaan Sederhana Saat Tiba di Rumah untuk Cegah Penyakit

Bandung - TemanBaik, kamu suka langsung mencuci tangan saat tiba di rumah enggak? Jika tidak, sebaiknya mulai kini kamu membiasakannya ya. Akan lebih baik jika kamu sekalian langsung mandi setelah lama berada di luar rumah.

Jika enggak langsung mandi, minimal cuci tangan dulu deh. Begitu masuk ke dalam rumah, usahakan cuci tangan sebelum menyentuh seseorang atau benda-benda yang ada di sana.

Lakukan hal ini juga jika kamu melakukan aktivitas apapun di luar rumah meski sebentar. Misalnya setelah pergi ke minimarket, nongkrong dengan tetangga, atau bahkan sepulang membeli sesuatu dari warung. Intinya, setelah melakukan aktivitas apapun di luar rumah, baik sebentar maupun lama, segera cuci tangan.

Kenapa sih harus mencuci tangan, apalagi dengan sabun? Ini tentunya demi alasan kesehatan. Kamu enggak mau kan jika justru tanganmu tanpa sengaja menyebarkan atau menularkan penyakit pada orang-orang di rumah?

Di luar rumah, mungkin ada bakteri atau bibit penyakit yang hinggap di tanganmu. Apalagi, kamu enggak pernah tahu keberadaan bibit penyakit yang tak kasat mata saat beraktivitas. Bahkan, bisa saja hanya melalui bersalaman dengan orang lain justru itu bibit penyakit tanpa sengaja 'ditransfer' ke tanganmu.

"Banyak yang tidak tahu bahwa tangan adalah biang keladinya sumber penyakit. Pintu masuknya penyakit itu dari tangan," kata Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja, dan Olahraga Dinas Kesehatan Kota Bandung Widyastuti kepada Beritabaik.id.

Baca Ini Juga Yuk: Sesuaikan Ukuran Kacamata Kamu untuk Minimalisir Refraksi Mata

Karena itu, mencuci tangan jadi kebiasaan baik yang harus dilakukan setibanya di rumah. Selain itu, sekalian ganti pakaian kamu ya. Sebab, siapa tahu bibit penyakit juga menempel pada pakaian dan menyebar di rumah. Ujungnya, hal itu akan berpotensi membuat orang rumah menjadi sakit, termasuk kamu.

Mencuci tangan sendiri wajib menggunakan sabun. Cucilah dengan tahapan mencuci tangan yang baik dan benar. Pastikan sela-sela tangan juga terkena sabun dan bersih.


                                                                 Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id

"Mencuci tangannya juga harus dengan air mengalir minimal 20 detik," jelas Widya, sapaan akrab Widyastuti.

Tapi, selama di rumah, kamu juga harus harus mencuci tangan ya setelah melakukan sesuatu, misalnya setelah dari kamar mandi, setelah membuang sampah, termasuk setelah bermain dengan hewan peliharaan.

Foto: Ilustrasi Unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler