Ini Beberapa Tips Menabung yang Perlu Kamu Ketahui

Bandung - TemanBaik, di berbagai sumber kita akan banyak menjumpai slogan dan ajakan untuk menabung. Kalau dikaitkan dengan manajemen keuangan, memang benar; investasi adalah salah satu cara yang ampuh untuk menyelamatkan kita dari hal-hal yang tak diinginkan di masa yang akan datang.

Investasi paling sederhana itu sendiri adalah dengan cara kita menabung. Dalam acara 'How to Manage Your Business Finance' Beritabaik.id punya kesempatan untuk berbincang dengan Co-Founder dan CEO Halofina, Adjie Wicaksana. Menurut Adjie, dalam proses manajemen keuangan pastilah memiliki pengeluaran yang bersifat harian, bulanan, atau mungkin tahunan. Pola pengeluaran ini idealnya dialokasikan dulu sebagian untuk berinvestasi sebelum dihabiskan.

Selain itu, Adjie menyebutkan keuntungan dari menabung adalah dapat memudahkan kita untuk mencapai target di masa yang akan datang. Kebiasaan baik yang satu ini juga dapat membantumu saat ada keperluan mendesak seperti sakit, atau saat-saat tertentu, misalnya saat kendaraan kamu rusak.


Foto: Rayhadi Shadiq/beritabaik.id


Perlu diakui, semangat menabung para milenial memang begitu tinggi. Namun, realitanya di lapangan tak jarang berkata lain: keinginan konsumtif dan jiwa muda selalu di atas kebutuhan. Nah, terus bagaimana ya agar kita bisa menabung dengan ideal? Beritabaik.id merangkum beberapa tip dari Adjie yang menarik untuk disimak. Berikut penjelasannya.

Saving Before Spending
Salah satu investor terkaya di dunia Warren Buffet adalah salah satu pencetus slogan ini. Dalam kacamatanya, Adjie memaknai saving before spending adalah metode menabung bukan berdasarkan sisa pendapatan kita, melainkan alokasi tabungan langsung dieksekusi saat kita mendapat penghasilan rutin.

Ia mencontohkan dalam studi kasus, jika satu bulan kita mendapatkan penghasilan Rp5 juta dan akan menyisihkan 10% atau Rp500 ribu di akhir bulan. Menurut Adjie, pola menabung seperti itu adalah pola yang keliru.

"Enggak bakal kesampaian itu, yang ada keburu habis. Idealnya adalah begitu gajian, niatnya kita mau naro 10 persen nih, ya taro aja 10 persen itu begitu dapet gaji," ujarnya.

Baca Ini Juga Yuk: Tampil di Kandang Sendiri, Bandung bjb Tandamata Raih Kemenangan

Siapkan Instrumen Investasi Terpisah
Instrumen investasi memiliki jenis yang beragam. Salah satunya adalah rekening tabungan. Adjie menyoroti beberapa orang yang tak memisahkan rekening tabungan dan rekening harian mereka. Menurutnya, metode mencampur rekening ini keliru. Lebih baik dan lebih ideal jika kamu punya satu rekening terpisah dan rekening tersebut pasif. Artinya, pergerakan rekening tersebut hanya menerima rencana investasimu saja.

Tentukan Tujuan Menabung
Tujuan menabung juga penting loh, TemanBaik. Menurut Adjie, jika kita punya tujuan menabung yang jelas, akan ada motivasi untuk kita mengejar tujuan tersebut, dan menabung yang baik juga dilakukan secara konsisten.

"Alokasinya rutin, kalau dia penghasilannya bulanan nih, misalnya, dia sisihkan sesuai komitmen dia. Mau 10 persen, misalnya. Ya itu aja 10 persen. Atau penghasilan dia project based nih karena kerja lepas, mau naro 10 persen. Ya, tiap satu proyek itu dia dibayar, ditabung. Asal prinsipnya ya saving before spending tadi," ujar Adjie.

Sisihkan 10 hingga 30 persen
Besaran presentase menabung menurut Adjie idealnya adalah 30 persen atau nyaris sepertiga dari penghasilan kita. Namun, ia memberi batas minimum di angka 10 persen. Besaran angka ini disebutkannya relatif, alias kembali kepada kebutuhan masing-masing. Angka tersebut juga akan menjadi optimal jika poin-poin sebelumnya kita lakukan dalam proses menabung.

Sebagai pamungkas, Adjie memberi pengingat bahwasannya menabung akan menyelamatkan kita dari kemungkinan melakukan peminjaman uang atau berhutang saat sedang berhadapan dengan kebutuhan mendesak. Menurutnya, menyelesaikan kebutuhan mendesak ini dengan piutang akan menambah beban di masa yang akan datang. Selain itu, di sisi lain juga Adjie menyebutkan kalau menabung itu akan menguntungkan secara finansial karena tiap bulannya kita memiliki pemasukan pasif. Ia menyebutnya dengan kalimat sederhana, dengan menabung kita akan menjadi kaya di kemudian hari. Wah menggiurkan juga ya!

Lalu, adakah diantara kamu yang sudah merasakan manfaat dari menabung? Apa saja manfaat yang kamu rasakan?

Foto: Ilustrasi Unsplash


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler