Cara Tepat Simpan Sayuran di Kulkas Agar Tak Cepat Layu

Bandung - TemanBaik, kamu suka menyimpan sayuran di kulkas enggak? Jika suka, ternyata ada triknya loh biar sayuran yang kamu simpan enggak cepat layu. Mau tahu? Simak ulasannya yuk!

Ketua Prodi Teknologi Pangan Fakultas Teknik Universitas Pasundan Yusep Ikrawan mengatakan prinsipnya sayuran memiliki kandungan air. Sehingga, saat disimpan, perlu dijaga agar kandungan air di dalamnya tidak cepat menguap.

Sebagai contoh, sayuran seperti bayem atau kangkung akan kering jika disimpan begitu saja di dalam kulkas. Sebab, sayuran akan menguap kadar airnya secara perlahan.

Pada akhirnya, sayuran akan menguning kemudian kering atau menjadi busuk jika disimpan terlalu lama. Untuk menyiasatinya, jika menyimpan sayuran di kulkas, gunakan tempat makanan tertutup.

Kamu juga bisa membungkusnya dengan kertas. Tapi, hindari menggunakan koran ya atau kertas yang mengandung tinta lainnya. Sebab, dikhawatirkan ada bagian dari tinta yang akhirnya luntur dan menempel ke sayuran. Hal ini dikhawatirkan akan berdampak bagi tubuh jika sayuran itu tetap menempel di sayuran saat dikonsumsi.

"Sayuran itu disimpan boleh, tapi lebih baik dibungkus, bisa pakai plastik atau kertas, itu akan memperlambat proses kerusakannya," kata Yusep di Kampus Universitas Pasundan, Kota Bandung, Kamis (19/3/2020).


Baca Ini Juga Yuk: Cara Mudah Bikin Hand Sanitizer dan Disinfektan

Lama penyimpanan sayuran sendiri berbeda-berbeda, tergantung jenis sayuran. Tapi, jika disimpan dengan cara yang tepat, sayuran akan lebih awet saat disimpan.

Meski boleh disimpan, ia menyarankan agar masyarakat tidak menyetok sayuran. Sebab, sayuran lebih baik dikonsumsi setelah dibeli dan dimasak. Sehingga, sayuran tidak akan layu, busuk, bahkan akhirnya harus dibuang karena tak layak lagi dikonsumsi.

"Sayuran itu satu-dua hari (setelah dibeli atau dipanen) harus sudah dimasak," jelas Yusep.

Sudah tahu kan cara menyimpan sayur? Jangan salah lagi ya TemanBaik. Sayang kan jika sayurannya sudah dibeli atau dipanen tapi akhirnya justru enggak bisa dikonsumsi. Jadi, lebih baik bijak, belilah sayuran secukupnya agar tak ada yang disimpan dan akhirnya terbuang.

Foto: Ilustrasi Agam/beritabaik.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler