Mengenal Produk Sensory Play Kit Ramah Anak

TemanBaik, masih ingatkah kamu akan masa kecil di mana kita punya banyak koleksi mainan? Ya! Perjalanan menembus linimasa tersebut rasanya menyenangkan bukan? Dulu, kalau kita ingin mendapatkan mainan, pastilah kita harus mencarinya ke pasar atau toko mainan. Konsep mainan untuk anak pada dasarnya melatih buah hati untuk bisa berkreasi dan mengembangkan ide dari permainan tersebut.

Seiring perkembangan zaman, pilihan untuk mainan anak pun makin beragam. Mulai dari mainan aktif yang cenderung mengandalkan tenaga baterai sampai mainan pasif yang bisa merangsang perkembangan saraf motorik anak, semua tersedia. Lebih jauh lagi, beberapa produk mainan anak mulai disandingkan dengan penelitian kegunaan permainan ini untuk perkembangan tertentu bagi si anak. Salah satunya permainan playdough.

Sebetulnya, sejak dulu pun permainan jenis ini sudah ada. Masih ingatkah kamu dengan jenis mainan lilin plastisin atau 'malam' yang bisa kita rakit menjadi berbagai bentuk?  Ya! Itulah playdough. Menurut beberapa ahli, permainan playdough ini dapat meningkatkan perkembangan otak anak.


                                                                      Foto: dok. www.instagram.com/se.seru.an

Jadi, tak hanya mendapat kesenangan saja, bermain playdough juga akan membuat si kecil jadi terlatih membentuk pola dan membuat kreasi dari bahan adonan tersebut. Akan tetapi, kandungan bahan dalam playdough kerap memicu kekhawatiran orang tua kalau-kalau sedang lepas kontrol, bahan playdough-nya tertelan oleh si kecil.

Melihat perkembangan ke arah sana, Nora Meilinda Hardi bersama kedua rekannya kemudian berinisiatif mendirikan se.seru.an. Kolektif usaha kecil menangah ini menjual beberapa produk playdough seperti dough in jar (dalam berbagai warna), rainbow playdough play kit, baking party playdough play kit, rainbow rice sensory play, rainbow macaroni, dan rainbow chips.

Menjawab kekhawatiran TemanBaik akan bahan yang mungkin bisa tertelan si kecil tanpa sepengetahuan, se.seru.an kemudian menciptakan inovasi playdough dari bahan natural yang baik untuk anak. Pasalnya, bahan-bahan yang dipakai untuk membuat playdough ini adalah bahan dapur seperti tepung terigu, air, pewarna makanan, minyak, dan masih banyak lagi.

Baca Ini Juga Yuk: Ini Saran Psikolog Biar Kamu Enggak Stres Saat #DiRumahAja

Dengan komposisi yang pas, playdough kreasi se.seru.an ini bisa lebih tahan lama dan bebas dari kandungan bahan kimia yang cenderung lebih aman untuk dimainkan oleh si kecil. 
Saat dihubungi Beritabaik.id, Nora menyebutkan se.seru.an merupakan toko daring yang menyajikan produk mainan edukasi untuk balita dan batita.

"Ini bisnis rumahan yang bikin playdough untuk balita dan batita, tapi dengan bahan yang aman buat dimainin sama anak usia dini itu," ujarnya.

Kendati begitu, bukan berarti kita bisa sembarang menelan playdough ini ya, TemanBaik. Bahan-bahan natural ini menjadi solusi jika playdough ini tak sengaja tertelan dalam jumlah sedikit. Di dalam kandungannya, playdough ini tak sedikitpun mengandung unsur kimia. Total ada 12 produk playdough kit yang bisa kamu pilih untuk keperluan bermain si kecil.

Dari ke-12 produk tersebut, Nora menyebut paket sensory play lah yang jadi best seller untuk konsumennya. Paket ini menawarkan beberapa bahan baku yang nantinya bisa dieksplor oleh si kecil untuk mencipta beberapa bentuk baru. Wah menarik juga ya!

Berbincang mengenai inovasi pembuatan playdough, ke depannya se.seru.an akan meluncurkan varian paket sensory play lainnya. Hal ini merujuk pada kebutuhan dan pola eksplorasi anak yang terus berkembang dan harus 'difasilitasi' oleh menu sensory play kit berupa playdough yang memiliki tingkat kemungkinan tinggi untuk dikreasi menjadi bentuk yang lebih banyak lagi.

TemanBaik, mendampingi si kecil beraktivitas #DiRumahAja, paket-paket playdough dari se.seru.an ini bisa jadi alternatif loh! Pasalnya, kita bisa mendapatkan paket ini dengan memesannya langsung di nomor kontak yang tertera di akun Instagram resmi mereka. Meski begitu, pemesanan secara offline tetap bisa dilakukan dengan cara mendatangi bazar-bazar mainan anak yang diikuti se.seruan.


                                                                                 Foto: dok. www.instagram.com/kotakmainan

Sensory Play Untuk Asah Perkembangan si Kecil
Sensory play (permainan sensorik) memiliki beberapa manfaat antara lain mengasah perkembangan kognitif dan juga kreativitas si kecil. Selain se.seru.an, di Bandung, kamu bisa menemukan berbagai macam toko mainan anak yang menawarkan produk sensory play. Salah satunya Kotak Mainmainan. Di sini, kamu bisa menemukan aneka permainan sensory play yang bermanfaat untuk melatih kemampuan sensor si kecil melalui medium buku dan beberapa jenis mainan.

Di toko ini, kamu bisa menemukan ragam produk sensory play untuk si kecil seperti cetakan es angka, cookie cutter, manik kayu bulat, sampai beberapa buku cerita anak.

Dalam kesempatan terpisah, Beritabaik.id berbincang dengan Amanda Amelia, pemilik Kotak Mainmainan. Ia memaparkan beberapa produk yang dijual di Kotak Mainmainan seperti buku dan sensory play kit. Berbincang soal buku, menurutnya buku-buku yang dijual di Kotak Mainmainan adalah buku-buku cerita ringan yang mampu mengasah kreativitas dan imajinasi anak.

"Jadi biasanya buku yang satu tema, ringan buat dibacain sama orang tua ke anaknya, dan harganya enggak terlalu mahal lah," ujarnya, yang sudah merintis Kotak Mainmainan sejak tahun 2015.

Ketertarikan Mia, sapaan akrabnya,  keperluannya pribadi akan mainan yang bisa mengasah kemampuan si kecil menjadi inspirasi untuk mendirikan usaha ini. Pasalnya, ada kekhawatiran kalau nanti buah hatinya malah kecanduan gawai karena tak mengenal jenis permainan.

Lebih lanjut mengenai jenis mainan, Mia menilai mainan pasif punya manfaat lebih banyak untuk si kecil daripada mainan aktif. Pasalnya, mainan aktif akan merangsang si kecil untuk mengkreasikan mainan tersebut menjadi sesuatu yang baru. Selain itu, bila kamu mulai resah karena si kecil kecanduan gawai, sensory play kit bisa jadi jawaban loh.

"Mainan-mainan pasif itu kan yang belum ada bentuknya. Biar anak yang nentuin sendiri bentuknya, itu ngasah kreativitas anak loh," ujarnya.

Melihat kebutuhan konsumen yang mencari sensory play dalam bentuk kit atau paket, Kotak Mainmainan sedang berupaya untuk menciptakan produk dari kebutuhan itu. Saat ini, belum banyak paket sensory playdough yang ditawarkan. Mia kemudian menyebutkan paket sensory play ini akan menjadi inovasi yang digarapnya untuk memenuhi ketersediaan pilihan bagi konsumen.

Sejauh ini, bila TemanBaik ingin mendapatkan produk mainan dari Kotak Mainmainan, kamu bisa mendapatkannya secara daring melalui kanal yang tertera di akun Instagram mereka, @kotakmainmainan. Kendati demikian, Kotak Mainmainan juga menyiapkan produk offline. Produk itu disebutkan oleh Mia bisa kamu jumpai di beberapa lokasi yang menjadi tempat penitipan toko ini seperti Selasar Sunaryo Art Gallery atau toko HGL. Namun, bila kamu menemukannya di tempat-tempat tersebut, kamu harus membelinya sebanyak satu paket.

Foto: dok. se.seru.an

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler