Lakukan Ini Jika Terpaksa Belanja ke Supermarket

Bandung - TemanBaik, saat ini gerakan #DiRumahAja sebaiknya kamu lakukan untuk mencegah tertular virus corona atau COVID-19. Tapi, mungkin ada momen tertentu yang membuat kamu terpaksa harus ke luar rumah, misalnya belanja kebutuhan makanan ke supermarket atau minimarket, terutama kebutuhan pokok.

Jika kamu terpaksa pergi, ada beberapa hal yang kamu perlu perhatikan dan lakukan ya. Paling utama, usahakan memakai alat pelindung diri, terutama masker. Ini untuk memproteksi diri kamu agar potensi virus corona masuk melalui mulut bisa diminimalisir.

Langkah penting berikutnya yang perlu kami lakukan adalah tetap menjalankan social distancing alias membatasi aktivitas sosial. Caranya dengan menghindari berdekatan dengan orang lain. Berjaraklah sekitar 1-2 meter dengan orang sekitar.

"Saat membayar di kasir, usahakan jangan berdesakan (dengan konsumen lain)," ujar Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung Ely Wasliah, Senin (2/4/2020).


                                                                                  Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id

Baca Ini Juga Yuk: Stres & Panik Turunkan Antibodi Tubuh, Ini Kata Pakar Psikologi

Iya, berdesakan di area kasir sangat mungkin terjadi. Sebab, membeli kebutuhan pokok adalah hal prioritas. Sehingga, sangat mungkin akan ada banyak orang yang antre di kasir setelah selesai memilih barang belanjaan.

"Setelah selesai berbelanja, masyarakat diharapkan langsung pulang saja," ucap Ely.

Setelah tiba di rumah, jangan lupa bersih-bersih ya. Usahakan ganti maju, cuci tangan, wajah, dan kaki. Mengganti pakaian juga jauh lebih baik demi menghindari adanya virus corona yang menempel pada pakaian. Pastikan juga seluruh barang yang kamu beli kemasannya bersih.

Ritel Diatur Ketat
Di Kota Bandung sendiri, ritel, minimarket, dan supermarket tetap buka seperti biasa. Itu berbeda dengan mal dan pusat perbelanjaan yang sudah ditutup sejak beberapa hari lalu. Bedanya, saat ini ada pembatasan jam operasional ritel yaitu dari pukul 10.00 WIB dan maksimal tutup pukul 20.00 WIB.

Secara khusus, untuk melindungi warga tertular virus corona saat berbelanja di ritel, ada aturan khusus yang wajib dilakukan pengelolanya. Di lokasi harus ada tempat cuci tangan dan sabun, hand sanitizer, imbauan atau papan pengumuman agar konsumen menjalankan social distancing.

"Kalau pengumuman itu tidak dilakukan, masyarakat silakan laporkan ritel yang bersangkutan ke kami, akan ada sanksinya nanti," jelas Ely.

Tapi, meski ada aturan yang wajib dijalankan, kesadaran dari konsumen atau warga juga tetap harus dijalankan. Lakukan social distancing demi keselamatan dan kesehatan diri sendiri serta orang lain ya TemanBaik.

Foto: Ilustrasi Unsplash/FikriRasyid

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler