Berkeringat Setelah Minum Teh, Ini Penjelasannya

Bandung - TemanBaik, ada yang sadar enggak kenapa setelah minum teh panas atau hangat kita akan berkeringat? Bahkan, ada sebagian yang merasakan badan terasa lebih ringan dan enak setelah minum teh. Mau tahu penjelasannya? Simak ulasannya yuk!

Direktur Pusat Penelitian Teh dan Kita (PPTK) Gambung Dadan Rohdiana mengatakan, berkeringat setelah minum teh panas atau hangat adalah hal wajar. Itu adalah reaksi dari tubuh.

"Kalau minum teh panas, kadang setelah ngeteh itu berkeringat. Itu karena dia ada kafein yang bersifat termogenik. Termogenik tuh dia bisa membakar lemak," kata Dadan kepada BeritaBaik.id.

Tapi, enggak semua yang minum teh mengalami reaksi yang sama ya. Ada juga yang merasa biasa-biasa saja setelah minum teh. Meski begitu, secara manfaat yang tidak berkeringat usai minum teh juga tetap merasakan berbagai manfaat teh kok.

"Tentu engak semua orang bisa menikmati ini (berkeringat setelah minum teh). Tapi, memang ada orang-orang tertentu yang ketika setelah minum teh itu berkeringat, merasa badannya ringan. Itu efek termogenik dari kafein (di dalam teh)," jelas Dadan.

Baca Ini Juga Yuk: #AksiBaik Pemain Persija Bantu Penanganan Corona

Kandungan dalam kafein ini menurutnya sangat cocok bagi yang ingin menurunkan berat badan. Tapi, ia mengingatkan agar konsumsi teh tidak dibarengi dengan gula. Sebab, alih-alih ingin menurunkan berat badan, justru mencampurkan gula ke dalam teh akan menambah kegemukan.

"Kafein itu cocok untuk diet, untuk memperbaiki berat tubuh," ucap Dadan.

Selain untuk menurunkan berat badan, konsumsi teh panas atau hangat juga sangat baik untuk kesehatan. Teh panas bisa membuat aromanya bisa dinikmati.

Di saat yang sama juga ada efek detoksifikasi bagi tubuh loh. Secara umum, teh ini juga punya khasiat mencegah berbagai penyakit yang sudah terbukti secara empiris maupun ilmiah.

"Teh ini bukan obat, tapi minuman fungsional statusnya yang bisa memberikan manfaat untuk kesehatan," tutur Dadan.

Foto: Ilustrasi Unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler