Mengenal Ayurveda, Metode Pengobatan Tertua di Dunia

Bandung - TemanBaik, tiap manusia pasti pernah mengalami sakit. Nah, untuk menyembuhkannya, berbagai pengobatan banyak kita jumpai. Namun, dari sekian banyak cara pengobatan, ada satu metode pengobatan tertua yang berasal dari India, dan sudah berkembang sejak ribuan tahun lalu.

Ya, nama pengobatan tersebut adalah Ayurveda. Lalu, apa dan seperti apa sih pengobatan ayurveda tersebut? Beritabaik.id punya kesempatan untuk berbincang dengan Zia Kusumawardini, salah seorang praktisi ayurveda.

Ayurveda secara harfiah terdiri dari dua kata yaitu 'ayur' yang berarti kehidupan, sedangkan 'veda' yaitu wisdom atau ilmu. Artinya, 'ayurveda' ialah ilmu agar manusia bisa hidup dengan umur panjang. Menurut Zia, ayurvedic tak hanya sebatas ilmu pengobatan biasa, namun juga ilmu untuk membantu hidup seseorang untuk lebih sehat sehingga memiliki usia yang panjang.

Lalu, apakah metode ini bisa menyembuhkan segala jenis penyakit? Kepada Beritabaik.id, Zia menyebutkan ayurveda bisa membantumu sembuh dari penyakit yang disebabkan oleh pola hidup yang salah.

"Mungkin kalau pasiennya ini kecelakaan, patah tulang, katakanlah begitu, itu diperlukan penanganan medis tentunya. Namun, penanganan medis ini baik jika dibarengi dengan metode ayurveda," papar Zia.


                                                                               Foto: Nathania Eliza/dok. Zia Kusumawardini

Mengenal Tubuh Kita Terlebih Dahulu

Berbeda dengan pengobatan konvensional yang memiliki banyak terminologi jika dibedah lebih dalam, ayurveda dianggap sebagai salah satu pengobatan yang sangat umum dan mudah sekali diterapkan oleh tiap orang. Langkah awal yang harus kita lakukan bilamana ingin mempelajari metode ini adalah kita mengetahui terlebih dahulu tipe tubuh kita.

Nah, sebelum mengenal tipe tubuh, dalam ayurveda itu sendiri dikenal istilah dosha. Dalam teorinya, setiap manusia merupakan kombinasi dari lima elemen: udara, air, api, tanah, dan akasha (spirit). Elemen-elemen ini kemudian bersatu di tubuh dan membentuk tiga jenis energi dinamakan dosha. Meski seseorang memiliki campuran ketiga dosha tersebut, namun hanya ada satu dosha yang mendominasi diri tiap orang.

Baca Ini Juga Yuk: Tak Ada Alasan untuk Panic Buying Jelang PSBB

Ketiga dosha itu antara lain vata, pitta, dan kapha. Nah, kita bisa menentukan salah satu tipe tubuh kita dari ketiga dosha tersebut. Tak hanya itu, dalam teori ayurveda, ketakseimbangan yang terjadi dalam ketiga dosha ini akan memicu timbulnya penyakit. Seperti ini penjabarannya:

Vata 
Vata ialah elemen  akasha dan udara dalam diri manusia. Elemen ini mengatur jalur pernapasan, aliran darah, fungsi jantung, pikiran, serta kemampuan tubuh mengeluarkan racun dari usus. Begadang, ketakutan, dan mengonsumsi makanan dengan cepat dapat mengganggu keseimbangan elemen ini.

Pitta 
Pitta ialah elemen api dan air dalam diri manusia. Elemen ini mengelola beberapa hormon yang berhubungan dengan nafsu makan, pencernaan, serta metabolisme tubuh. Kelelahan, berada di suhu udara yang tinggi, atau mengonsumsi makanan pedas ataupun asam, dipercaya dapat mengganggu keseimbangan pitta .

Kapha 
Kapha ialah elemen tanah dan air dalam diri manusia. Elemen Kapha berperan mengatur berat badan, pertumbuhan otot, sistem kekebalan tubuh, serta kekuatan dan stabilitas tubuh. Makan setelah perut kenyang, mengonsumsi terlalu banyak makanan manis dan asin dapat menyebabkan gangguan pada seseorang yang didominasi kapha.

Nah, dari ketiga jenis tersebut, maka risiko penyakit yang bisa diderita seseorang bisa dilihat dari dosha apa yang dominan dalam tubuhnya, lengkap pula dengan beberapa metode pencegahan dan pengobatan risiko penyakit yang mungkin diderita oleh sang pasien.

Sedangkan menurut Zia ada 4 unsur penting dalam metode pembelajaran ayurveda. Keempat unsur tersebut antara lain mindset (pikiran), gaya hidup, obat-obatan dan nutrisi.

"Dari keempatnya, mindset atau pikiranlah yang jadi dasar atau pondasinya," ucap Zia.

Mengobati dengan Ayurveda
Pada praktiknya, seorang praktisi ayurveda akan bertanya seputar isu dalam diri si pasien sebelum mengambil tindakan lanjut. Dalam hal ini, Zia menyebutkan, dirinya terbiasa membagi tahap pengobatan menjadi beberapa sesi tertentu.

"Jadi di awal itu saya pahami dulu isu pasien saya apa. Misalnya dia sakit batuk, saya tanya sebelumnya dia habis makan apa, atau mungkin ada tekanan apa, punya masalah apa. Jadi bukan instant shortcut, obatin begitu saja, enggak. Tapi kita cari akar dari penyakitnya itu," beber Zia.

Hal ini mengacu pada kemungkinan riwayat konsumsi pasien penderita batuk tadi, sebab bisa saja ada ketakseimbangan dalam dosha pasien tersebut yang mengakibatkan dirinya jadi batuk.

Beberapa sumber juga menyebutkan, secara general praktik Ayurveda umumnya dijalani dengan beberapa metode, misalnya meditasi, yoga, pola makan, perawatan tubuh, pijat, aromaterapi, latihan pernafasan, diet vitamin dan mineral, perenggangan, serta beberapa metode lain. Perawatan ini bertujuan untuk mengembalikan keharmonisan dan menyeimbangkan dosha di dalam tubuh.

Ayurveda adalah metode pengobatan yang bisa diterapkan oleh setiap orang. Menerapkan ayurveda dalam keseharian menurut Zia adalah sesuatu yang sangat mudah. Setelah mengenal tubuh, seseorang yang hendak menerapkan ayurveda akan mulai memprogram hal-hal ideal yang diperlukan tubuh, seperti ideal beristirahat, ideal makan, dan seluruh hal yang ideal dengan tubuh.

Zia membagikan praktik ayurveda yang dilakukan untuk dirinya sendiri kepada pasien-pasiennya melalui akun Instagram @ziakusumawardini. Selain itu, ia juga membagikannya dalam siaran podcast 'Love Health Wealth' yang bisa kamu akses di laman www.ziakusumawardini.com/podcast.

Ayurveda di Tengah Pandemi
Munculnya pandemi global COVID-19 kerap memicu pertanyaan: apakah virus corona bisa diobati? Apakah ayurveda bisa mengobati virus ini?

Zia menyebutkan, disiplin dalam mempelajari ilmu pengobatan ayurveda bisa membuat tiap orang terhindar dari paparan virus corona. Pasalnya, virus dalam tubuh bisa berkembangbiak jika terjadi ketakseimbangan dari berbagai aspek.

"Nah, ayurveda ini mengajarkan kita dan bisa bikin tubuh jadi enggak subur buat lahan berkembang virus," jelasnya.

Dengan mempelajari metode pengobatan ayurveda, kita tak hanya dapat menyembuhkan penyakit tapi juga kita dapat mencegah risiko penyakit yang muncul di kemudian hari berdasarkan ketakseimbangan energi dalam tubuh. Selain itu, bila disiplin-disiplin tertentu dalam pembelajarannya kita bagikan ke orang-orang terdekat, bukan tak mungkin kita akan membantu banyak orang untuk hidup lebih sehat dan bebas dari penyakit.

Nah. Itu dia sekilas tentang pengobatan ayurveda. Lalu, adakah diantara kamu yang pernah menggunakan metode ini dalam penyembuhan penyakit tertentu? Atau, adakah diantaramu yang sudah menerapkan ayurveda dalam kehidupan sehari-hari?

Foto: Ilustrasi Unsplash


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler