Empat Hal yang Sebaiknya Dilakukan Pedagang Saat Ramadan

Bandung - TemanBaik, bulan Ramadan sudah di depan mata nih. Selain menjadi sarana untuk meningkatkan ibadah bagi umat muslim, Ramadan tentu membuka lahan bisnis tersendiri. Salah satunya berjualan hidangan berbuka puasa, mulai dari makanan ringan hingga berat.

Seperti biasanya, banyak pedagang dadakan yang akan ada di berbagai daerah, bahkan hingga gang kecil sekalipun. Makanan yang dijual mayoritas biasanya adalah makanan untuk takjil seperti kolak, sup buah, hingga gorengan. Tapi, tentu tetap banyak yang berjualan makanan berat seperti nasi dan aneka lauk-pauknya.

Tapi, di tengah pandemi virus corona, tentu Ramadan kali ini berbeda. Sehingga, pedagang atau penjual makanan dan minuman saat Ramadan nanti penting untuk memberi rasa aman dan nyaman bagi pembeli. Apa sih yang harus dilakukan pedagang saat Ramadan nanti?

1. Gunakan Masker
Ini tentu jadi hal utama yang harus dilakukan pedagang. Sebab, menggunakan masker saat ini jadi satu kewajiban demi menghindari penularan virus corona atau penyakit menular lainnya. Dengan menggunakan masker saat berjualan, pembeli juga akan merasa aman.

"Semua pedagang ataupun warga yang keluar rumah wajib pakai masker," kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung Elly Wasliah.

2. Gunakan Sarung Tangan
Dulu, mungkin penggunaan sarung tangan masih dianggap sebelah mata. Tapi, pedagang saat Ramadan nanti, terutama yang menjual makanan dan minuman, sebaiknya menggunakan sarung tangan ya. Tujuannya jelas demi meminimalisir barang dagangan tidak terkontaminasi bibit penyakit.

Hal ini juga akan membuat konsumen merasa nyaman dan aman. Sebab, secara psikologis, konsumen akan merasa lebih aman membeli makanan atau minuman dari pedagang yang menggunakan sarung tangan.

3. Perhatikan Higienitas
Tak hanya menggunakan masker dan sarung tangan saat melayani pembeli, sebagai pedagang kamu juga tentu harus memperhatikan higienitas alias kebersihan dalam proses pembuatan makanan atau minuman. Kenapa sih hal ini penting?

Tentu kamu enggak ingin pembeli barang daganganmu sakit kan? Karena itu, kamu harus betul-betul menjaga kebersihan. Saat akan memasak atau menyajikan makanan misalnya, pastikan semua bahan sudah dicuci bersih, termasuk memastikan peralatan masak juga bersih.

Sementara saat menyajikan barang dagangan, pastikan juga terhindari dari debu dan lain-lain ya, terutama jika berjualan di pinggir jalan. Jadi, meski jualan di pinggir jalan, higienitas tetap harus diutamakan. Hindari makanan atau minuman yang dijual disajikan dengan terbuka.

Baca Ini Juga Yuk: Jangan Boncengan Saat PSBB di Bandung Ya!

4. Atur Antrean
Jika barang jualanmu laris, tentu akan ada banyak orang yang antre untuk membeli di tempatmu berjualan. Di tengah kondisi saat ini, kamu juga harus berusaha agar tidak terjadi antrean yang tidak tertib ya. Jaga jarak tetap harus diutamakan di antara sesama konsumen.

Hal ini tentu butuh kerja keras kamu untuk memberi pengertian dalam mengatur pembeli agar menjaga jarak. Komunikasikan sebaik mungkin imbauan ini. Atau kamu bisa melakukan cara sederhana dengan menempatkan tulisan berisi imbauan agar pembeli saling menjaga jarak. Ingatkan juga agar pembeli menggunakan masker.

Dengan cara ini, antrean akan lebih tertib. Sehingga, barang dagangan akan laku, pedagang dan sesama konsumen juga bisa menghindari penularan dan penyebaran virus corona.

"Yang terpenting, antara pedagang dan pembeli, termasuk sesama pembeli untuk menjaga jarak aman," ucap Elly.

Di luar empat hal di atas, Elly secara khusus mengimbau agar warga hanya keluar rumah seperlunya saja. Jika memang ingin membeli makanan atau minuman untuk berbuka, cukup beli itu saja. Sehingga, pastikan tujuan atau tempat membeli makanan sebelum pergi dari rumah. Tujuannya demi menghindari kamu lama-lama berada di luar rumah.

Ia juga menyarankan agar pedagang maupun pembeli memaksimalkan jual-beli secara daring. Sehingga, antara pedagang dan pembeli kebutuhannya tetap terlayani tanpa harus keluar rumah.

Selamat bersiap menyambut bulan Suci Ramadan ya TemanBaik. Semoga ibadah puasa kamu berjalan lancar dan pandemi virus corona juga segera berakhir..

Foto: Ilustrasi Unsplash
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler