Penting, Ini Kunci Sukses Karir di Era Digital

Bandung - TemanBaik, saat ini dunia sudah berada dalam serba digital, termasuk pekerjaan. Hal ini tentu jadi tantangan tersendiri bagi semua orang. Generasi muda pun perlu dipersiapkan lebih matang lagi agar nantinya siap berkarir di tengah kondisi yang ada.

Menurut dosen Teknik Informatika Universitas Padjadjaran (Unpad) Asep Sholahudin, era digital adalah milik orang dengan pemikiran terbuka alias open minded. Ini adalah faktor kuncinya.

"Pada akhirnya, era digital adalah milik orang-orang yang open minded. Tidak peduli tahun berapa lahirnya, dalam generasi apa, siapa orang tuanya, status sosialnya apa," kata Asep di laman resmi Unpad.

Ia lalu mencontohkan beberapa tokoh terkenal di dunia seperti Steve Jobs, Bill Gates, Evan Spiegel, dan Mark Zuckerberg. TemanBaik tentu tahu kan nama-nama beken itu dengan segala prestasinya? Ya, meski mereka berasal dari generasi dan berbagai hal yang berbeda, masing-masing bisa sukses karena open minded.

"Perbedaan generasi dan latar belakang sama sekali tidak membatasi mereka untuk melahirkan teknologi digital yang sedang kita nikmati sekarang," tutur Asep.

Nah, jadi meski kamu berasal dari latar belakang apapun, ekonomi keluarga seperti apapun, asal daerah, hingga kondisi fisik, semua itu enggak akan jadi hambatan untuk bersaing di era digital. Hal yang penting kamu mau membuka pikiran dan menyesuaikan dengan tuntutan zaman.

Bukan Milik Orang Informatika
Public Relation and Marketing Communication Qlue Iwan Kurniawan menegaskan era digital bukan hanya milik mereka dengan latar belakang pendidikan teknik informatika. Sehingga, mereka dari latar belakang lain tak perlu berkecil hati.

Justru, banyak peluang di masa depan yang sangat terbuka di era digital meski seseorang itu bukan dari latar belakang informatika. Tapi, ada hal penting yang ia tegaskan perlu dimiliki. Berkarir di era digital tak cukup mengandalkan hard skills, tapi harus memiliki soft skills secara bersamaan.

Soft skills itu mulai dari communication alias kemampuan berkomunikasi, critical thinking alias berpikir kritis, creativity atau kreativitas, serta collaboration atau kemampuan berkolaborasi.

"Jadi, teman-teman yang berada di bidang apapun, tolong kuasai kemampuan ini, communication, critical thinking, creativity, sama collaboration. Karena empat skills inilah yang menurut pengalaman saya yang paling berguna," tutur Iwan.

Foto: Ilustrasi Unsplash/Austin Distel

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler