Yuk! Ajarkan Anak Aktivitas Rumah Tangga Saat #DiRumahAja

Bandung - TemanBaik, terutama bagi kamu para orang tua, mungkin saat ini disibukkan dengan berbagai kegiatan selama #DiRumahAja. Selain harus tetap bekerja, kamu dihadapkan pada situasi harus mendampingi anak belajar, mengelola rumah tangga, berkutat dengan urusan dapur, dan lain-lain.

Tapi, ada hal penting lain yang sebaiknya juga dilakukan para orang tua selama menjalankan gerakan #DiRumahAja. Simak ulasannya yuk!

Mungkin selama ini para orang tua tak terlalu memperhatikan pelajaran dalam aktivitas di rumah tangga. Padahal, itu sangat penting loh. Contoh kecil mulai dari belajar menyapu, merapikan barang-barang rumah, hingga memasak.

Saat ini adalah waktu yang pas untuk mengajarkan anak-anak dalam belajar aktivitas rumah tangga tersebut. Sehingga, secara perlahan mereka akan terbiasa melakukannya. Bahkan, nantinya anggota keluarga di rumah bisa bergiliran atau berbagi peran dalam melakukan pekerjaan rumah tangga.

Baca Ini Juga Yuk: Ini Waktu yang Tepat untuk Berolahraga Saat Puasa

Ah, kan masih kecil? Justru itu, karena masih kecil, sebaiknya mereka diajarkan banyak hal. Sehingga, setelah dewasa, pekerjaan rumah tangga itu jadi kebiasaan baik yang tertanam sejak kecil.

"Ini adalah momen yang tepat untuk mengajarkan anak seluruh aktivitas pekerjaan rumah secara mandiri sesuai usianya. Misalnya belajar memasak, membersihkan rumah, berkebun, beberes rumah adalah proses belajar bagi anak-anak," kata Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) sekaligus Komisioner Bidang Pengasuhan KPAI Rita Pranawati.

Tapi, memang tidak mudah mengajarkan hal-hal di atas, terutama jika selama ini anak cenderung tak biasa atau bahkan tak pernah melakukannya. Karena itu, orang tua perlu sabar dan kreatif agar anak tertarik melakukan sekaligus belajar hal-hal tersebut.

"Orang tua perlu sekreatif mungkin membuat aktivitas yang menyenangkan dan beragam bagi anak. Orang tua perlu sabar dalam mengajarkan aktivitas rumahan ini," jelasnya.

Rita pun menegaskan, jika anak sulit diajarkan sesuatu, jangan memarahinya. Coba deh pahami dan belajar menempatkan ada di posisi mereka yang mungkin asing melakukan hal-hal yang selama ini tak dilakukan. Jadi, jangan mudah memaksa dan memarahi mereka saat belajar ya.

"Penting untuk selalu diingat bahwa anak-anak dalam tahap belajar sehinga orang tua perlu memahami kondisi anak," tutur Rita.

Foto: Ilustrasi Unsplash
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler