Empat Cara Hindari Kecemasan Akibat Pandemi Corona

TemanBaik, tidak bisa dipungkiri, setiap orang pasti merasa cemas selama menjalani masa pandemi covid-19 ini. Kadar cemas setiap orang mungkin berbeda. Ada yang cemasnya sudah berkurang, ada yang malah justru bertambah, ada yang sudah menikmati hidup normal yang baru meski cemas. Nah bagaimana mengatasinya, yuk simak!


1. Batasi Informasi dan Beri Jeda
Untuk mengatasi kekhawatiran atau kecemasan tersebut, kamu tentu perlu mengambil langkah. Paling utamanya, kurangi deh mengonsumsi berita atau informasi seputar virus corona.

"Batasi informasi yang berlebihan," kata psikiater Lahargo Kembaren di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Jumat (1/5/2020).

Jadi, secukupnya saja deh menerima informasi. Hindari terus-menerus fokus untuk mendapatkan informasi tentang virus corona, apalagi jika dari sumber tak kredibel. Salah satu caranya bisa dengan memberi jeda atau jarak untuk menerima informasi, baik melalui televisi, media online, media cetak, radio, hinga media sosial.

Misalnya kamu hanya menerima informasi pada siang hari. Setelah itu, kurangi atau hindari mencari informasi. Cari deh kesibukan atau informasi lain yang tak berkaitan dengan virus corona. Lakukan hal-hal menyenangkan.

"Mengambil jarak sejenak dari informasi tersebut akan baik bagi kesehatan jiwa kita," tutur Lahargo.

Ia pun kembali menekankan agar publik jangan mudah termakan informasi menyesatkan, apalagi bombastis. Carilah informasi dari sumber resmi dan kredibilitasnya terjamin.

"Dengan membaca berita dari sumber yang keliru itu akan membuat kita lebih cemas, lebih khawatir, dan memungkinkan untuk memunculkan masalah kesehatan jiwa," jelas Lahargo.

Beberapa sumber resmi itu di antaranya laman covid19.go.id, WhatsApp COVID-19, Informasi Pusat Layanan Telepon COVID-19 119, serta siaran TVRI dan RRI yang digandakan melalui media swasta nasional lainnya. Jika menonton, membaca, atau mendengarkan berita, pastikan juga medianya valid dan kredibel ya TemanBaik.

2. Lakukan Hal Positif
Selain itu, untuk mengatasi berbagai kondisi perasaan yang tidak nyaman akibat kondisi saat ini, kamu disarankan melakukan kegiatan positif. Misalnya berolahraga, melakukan aktivitas produktif, menjalankan hobi, istirahat cukup, serta tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang berdampak buruk bagi kesehatan.

"Hindarilah merokok, hindari minum alkohol atau narkoba untuk mengatasi perasaan tidak nyaman karena itu tidak akan menyelesaikan masalah," tuturnya.

3. Konsultasi dengan Ahlinya
Jika kamu mengalami stres, perasan tidak enak, tentu sebaiknya berkonsultasi dengan tenaga kesehatan jiwa profesional saat tak mampu mengatasinya. Tapi, kondisi sat ini membuat kamu sebaiknya tetap berada di rumah. Siasati berkonsultasi dengan memanfaatkan layanan daring atau online.

Apalagi, saat ini sudah banyak layanan konsultasi kesehatan yang bisa dilakukan secara daring. Jadi, kamu bisa tetap ada di rumah saja untuk mengatasi masalah kesehatanmu, termasuk kesehatan jiwa.

"Semua itu akan membantu kita untuk mendapatkan pertolongan yang cepat dan tepat," ucap Lahargo.

4. Relaksasi
Cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jiwa dan mengatasi berbagai emosi adalah dengan melakukan sesuatu, misalnya relaksasi dengan menarik napas, melakukan terapi dengan gerakan tertentu, serta berbagai cara lain. Zaman sudah canggih kan, kamu bisa mencarinya melalui internet.

"Ini akan membuat perasaan tidak nyaman yang kita rasakan kembali membaik dan kesehatan jiwa kita bisa terjaga dengan baik," pungkas Lahargo.

Foto: unsplash
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler