Konsultasi Gratis Akibat COVID-19 di Aplikasi Ruang Empati

Bandung - TemanBaik, pandemi virus corona atau COVID-19 telah menimbulkan stres, kepanikan, hingga ketakutan yang luar biasa di masyarakat. Dalam situasi seperti itu, kesehatan mental pun menjadi hal penting yang perlu diperhatikan dan dijaga.

Ada beberapa orang yang rawan mengalami gangguan kesehatan jiwa, terutama stres. Mereka adalah orang dari kelompok usia lanjut dan anak-anak, orang yang sebelumnya mengalami gangguan akibat COVID-19, serta tentunya petugas medis sebagai garda terdepan penanganan COVID-19.

"Dari pengalaman klinis, sebagian besar tenaga medis yang merawat pasien COVID-19 mengeluh dampak psikologis dan rentan terhadap tekanan," kata dokter ahli kejiwaan RS Melinda 2 Bandung Teddy Hidayat.


                                                                                    Foto: dok. RS Melinda 2 

Sedangkan lebih dari 80 persen pasien menunjukkan gejala ringan atau asimptomatik, 20 persen perlu perawatan, dan empat persen meninggal. Perbedaan keparahan ini terjadi karena faktor imunitas. Pasien dengan imunitas rendah cenderung lebih berisiko menjadi parah dan meninggal.

Baca Ini Juga Yuk: Menunggu Waktu Berbuka dengan 'Festival Teh Ngabuburit Online'

Karena itu, sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan imunitas, termasuk menjaga kesehatan jiwa. Untuk itulah, Pemprov Jawa Barat melalui TPKJM bekerjasama dengan ITB, Pusat Studi Infeksi Fakultas Kedokteran Unpad, RS Melinda 2, dan Surya Medika menghadirkan aplikasi.

"Kita membuat aplikasi yang dapat dipakai untuk mencegah dan mengatasi dampak psikologis COVID-19. Aplikasi ini sudah bisa digunakan dengan nama ruangempati.com," jelas Teddy.

Dalam ruangempati.com, ada beberapa pelayanan yang diberikan, yaitu self-assessment, psikoterapi seni, pendampingan virtual, mindfullness, manajemen stres, tele-psikiatri emergensi, dan psikoedukasi.

Jadi, nantinya kamu tinggal menentukan layanan apa yang dibutuhkan. Atau jika bingung, konsultasi dulu deh di laman ruangempati.com. Pastinya, konsultasi melalui layanan yang baru dibuka pada 2 Mei 2020 ini gratis.

Aplikasi ruangempati.com sendiri rencananya tidak hanya saja digunakan selama pandemi COVID-19. Aplikasi ini akan terus dikembangkan dan digunakan, terutama untuk kepentingan di perguruan tinggi dan masyarakat.

Foto: Tangkapan Layar/ruangwmpati.com
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler