Ini Tips Menjaga Kesehatan Kulit Selama Berpuasa

Yogyakarta - TemanBaik, puasa memiliki banyak sekali pengaruh untuk tubuh manusia. Selain mengistirahatkan organ tubuh, pola makan teratur juga disebutkan dalam beberapa riset mampu meredakan asam lambung. Nah, untuk tubuh bagian luar, puasa juga memberikan dampak bagi kulit kita. Seperti apa sih dampaknya?

Dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin sekaligus Kepala Departemen Dermatologi dan Venereologi FKKMK Universitas Gadjah Mada (UGM) Fajar Waskito menyebutkan ketika berpuasa, seseorang pada umumnya menjaga kualitas asupan makanan dan minuman, antara lain dengan tidak mengonsumsi makanan selama seharian. Hal ini mendukung proses pembersihan racun atau detoksifikasi sehingga membuat kulit lebih sehat dan kenyal.

"Proses detoksifikasi yang intinya netralisasi terhadap oksidan yang diproduksi pada proses metabolisme tubuh pada saat puasa terjadi lebih sempurna karena asupan bahan makanan yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh berkurang," kata Fajar dalam laman resmi web UGM.

Saat seseorang menjalankan puasa, konsumsi makanan praktis akan berkurang, khususnya jenis makanan berindeks glikemik tinggi. Manfaat makanan berindeks glikemik tinggi itu sendiri akan berefek pada peningkatan kadar gula dalam darah. Kondisi ini dapat mengakibatkan peradangan pada tubuh, termasuk jerawat.

Meski begitu, ia juga memberi catatan bahwa hingga saat ini memang belum ada penelitian kedokteran yang representatif mengenai manfat puasa terhadap kesehatan kulit.

"Penambahan banyak konsumsi sayur serta buah-buahan yang kaya antioksidan akan berefek sebagai penghambat proses penuaan kulit sehingga kulit lebih halus dan terjaga elastisitasnya," jelas Fajar.

Baca Ini Juga Yuk: Konsultasi Gratis Akibat COVID-19 di Aplikasi Ruang Empati

Secara praktik, ada beberapa tips yang bisa TemanBaik lakukan agar kulit tetap terjaga selama berpuasa. Berikut kita simak tips-nya:

Menjaga Pola Makan
Konsumsi makanan bergizi dan seimbang sangat berpengaruh pada kesehatan kulit. Dimulai dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dan antioksidan seperti sayur dan buah. Hindari atau batasi makanan tinggi gula dan lemak.

Selain itu kita juga harus mengonsumsi air putih yang cukup selama puasa. Dalam sehari, tubuh manusia memerlukan air sekitar 2 liter per hari.

Jangan Kulum Bibir Saat Kering
Kekurangan cairan selama berpuasa dapat membuat bibirmu jadi kering. Kendati begitu, untuk mengurangi ketidaknyamanan saat bibir terasa kering disarankan untuk mengaplikasikan pelembab. 

"Kalau bibir kering jangan sering dikulum atau dijilat karena justru akan semakin kering. Pakailah pelembab, lebih baik yang hipoalergenik untuk mencegah iritasi atau alergi di kulit," terang Fajar.

Selain itu, kamu juga harus berhati-hati dalam penggunaan pasta gigi dengan kandungan deterjen atau min (Mentha) yang tinggi agar tidak menyebabkan bibir lebih kering.

Cukup Istirahat
Istirahat atau tidur yang cukup juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit selama berpuasa Kurang tidur akan membuat kulit tampak lebih kusam. Sementara tidur yang cukup akan menjaga kulit tetap sehat dan cerah. 

"Pastikan pula tetap melakukan aktivitas fisik atau berolahraga ringan untuk membantu menjaga metabolisme tubuh. Sebab, metabolisme yang lancar bisa menjaga kesehatan kulit," tutup Fajar.

Selain hal-hal itu, menggunakan pelindung sinar atau sun screen saat bepergian ke luar rumah juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit selama berpuasa.

TemanBaik, puasa memang banyak manfaatnya untuk dalam dan luar tubuh manusia, ya. Namun, sejatinya berpuasa tak cukup memoles rupa luar kita saja. Melainkan juga kepribadian kita. Yuk, kita sama-sama menjadikan puasa tahun ini sebagai ajang untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi!

Foto: Ilustrasi Unsplash/Lazar Gulgeta

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler