Mengintip Peluang Usaha Pertanian di Tengah Pandemi

Bandung - TemanBaik, pandemi virus corona terasa semakin menggerus segala bidang usaha. Namun, bukan seorang pengusaha bila kita menyerah dengan keadaan. Lagipula, masih banyak kok bidang usaha yang bisa menghasilkan untung untuk menyambung hidup di tengah situasi seperti ini.

Contoh nyata bisa kita jumpai di bidang pertanian. Seperti kita ketahui, produk hasil bumi dari pertanian itu sangat penting bagi kebutuhan dasar manusia. Artinya, bila kita menjadikan sektor ini sebagai lahan usaha, maka hampir dipastikan sasaran pembelinya tak akan kehabisan.

Selain itu, modal usaha yang diperlukan pun relatif lebih kecil. Dengan modal yang kecil, kamu juga tak perlu merasa keberatan harus merogoh kocek. Belum lagi, peluang balik modalnya pun terhitung besar.

Kementerian Pertanian Republik Indonesia dalam keterangan resminya pun memberikan beberapa rekomendasi usaha pertanian yang bisa kamu jajal selama masa pandemi. Apa saja, ya? Yuk kita simak!

Menjual Bibit dan Membuat Pupuk
Di tengah kebosanan menjalankan rutinitas dari rumah, banyak orang yang terpikir untuk berkebun. Namun, tak semua orang bisa mendapat akses mudah untuk membeli bibitnya. Fakta ini bisa kamu lihat sebagai peluang usaha. Setelah mempelajari jenis-jenis bibit yang banyak diminati, kamu bisa menjajal usaha ini.

Selain menjual bibit, kamu juga bisa bereksperimen dengan membuat pupuk. Ada banyak sekali sumber yang bisa kamu akses untuk mengeksekusi ide ini. Bila kamu bisa mengeksekusi keduanya bersamaan, bukan tidak mungkin calon pembelimu akan memborong bibit dan pupuknya sekaligus ke kamu.

Menjual Tanaman Organik dan Tanaman Hias
Lagi-lagi berkaca dari situasi di mana banyak orang yang mulai jenuh beraktivitas dari rumah dan hendak bercocok tanam. Nah, jenis tanaman organik dan tanaman hias yang bisa ditanam di lahan yang lebih sempit tentu menjadikan keduanya punya nilai jual. Kamu bisa menjual tanaman ini, tentu dengan pengemasan yang menarik agar calon pembeli tertarik untuk memborong tanaman hias dan tanaman organik darimu.

Sebagai informasi tambahan, jenis-jenis tanaman organik yang direkomendasikan antara lain kangkung, cabai, tomat, sawi, dan masih banyak lagi. Tanaman jenis ini tentu bisa kamu budidayakan bahkan di teras rumahmu. Sementara kamu bisa menjual tanaman hias seperti bunga anggrek, mawar, sepatu, melati bahkan bunga telang.

Baca Ini Juga Yuk: Jangan Lewatkan Imunisasi untuk Si Kecil Meski di Tengah Pandemi

Menjual Alat Pertanian
Tak semua orang yang hendak bertani atau mungkin sudah lama bertani bisa dengan mudah mengakses alat pertanian di masa pandemi ini. Berkaca pada situasi tersebut, kamu bisa menyediakan alat pertanian untuk kamu jual ke mereka loh.

Kamu bisa memilah jenis alat pertanian yang memungkinkan kamu jual-belikan, tentu dengan menyesuaikan kondisi di lapangan saat situasi pandemi seperti saat ini. Bagaimana? Sudah mulai tertarik?

Membudidayakan Tanaman Rempah
Seperti kita ketahui, rempah dan empon-empon punya banyak khasiat dalam menangkal penyakit. Saat ini, banyak pula produsen makanan dan minuman yang mengombinasi rempah menjadi produk jualan. Nah, kejelianmu memanfaatkan situasi ini sangat diperlukan.

Kamu bisa menjual hasil budidaya tanaman rempah ini untuk para pelaku industri kuliner yang sedang getol membuat produk kuliner alternatif dari bahan baku rempah. Menarik bukan?

Nah, daftar usaha tadi bisa kamu lirik sebagai usaha baru selama pandemi ini. Menyenangkannya lagi, usaha baru ini tak harus membuatmu meninggalkan usaha lama. Bahkan, bila keduanya bisa menghasilkan keuntungan, bukan tak mungkin saat pandemi berakhir dan dunia usaha berangsur normal kembali, kamu bisa mendapat double income alias pendapatan ganda dari usaha baru dan usaha lama yang kamu rintis.

Menyenangkan sekali ya, TemanBaik? Yuk, jangan berhenti berkreasi walau di tengah situasi pandemi.

Foto: Ilustrasi Unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler