Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menyimpan Makanan di Kulkas

TemanBaik, jika kamu ingin menyimpan makanan, buah-buahan, hingga sayuran di dalam kulkas atau lemari es, sebaiknya tak asal-asalan ya. Tujuannya agar yang kamu simpan bisa bertahan lebih lama dibanding tak disimpan di kulkas.

Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Bandung Hardaningsih mengatakan ada prinsip utama yang mesti dilakukan sebelum menyimpan makanan di kulkas. Apa saja? Yuk, simak penjelasannya!

Pisahkan Daging, Sayur, dan Buah
Ini hal mendasar yang sangat disarankan untuk dilakukan. Pastikan daging, sayuran, dan buah-buahan disimpan di tempat berbeda di dalam kulkas. Misalnya daging di freezer, sayuran di bagian paling bawah, dan buah-buahan di rak kedua dari bawah. Cara ini akan membuat makanan lebih segar dan tahan lama. Di saat yang sama, kulkas juga akan terhindar dari bau bahan makanan yang disimpan.

Pisahkan Makanan Matang dan Mentah
Sepintas, hal ini hampir sama dengan hal di atas. Tapi, beda loh. Makanan siap makan dan mentah atau yang perlu diolah, harus dipisahkan tempat penyimpanannya. Makanan siap makan disimpan di satu rak yang sama, sedangkan makanan mentah di rak lainnya.

Apa yang terjadi jika penyimpanan di rak kulkas dicampuradukkan? Hal yang paling utama adalah berpotensi mengurangi kualitas makanan atau bahan makanan.

"Apalagi misalkan sayuran, itu kan biasanya ada akar atau tanahnya, itu kan potensi ada mikrobanya. Kalau disimpan berdekatan dengan makanan (siap makan), itu akan berpengaruh terhadap mutu makanan itu sendiri," kata Hardaningsih di Balai Kota Bandung, Senin (18/5/2020).

Baca Ini Juga Yuk:

Tips Lainnya
Ditelusuri dari berbagai sumber, untuk membuat makanan atau bahan makanan lebih awet saat disimpan di dalam kulkas, ada hal penting yang juga harus diperhatikan. Gunakan wadah atau plastik tertutup, masukkan makanan atau bahan makanan. Setelah itu, baru deh disimpan di kulkas. Tapi, enggak semua makanan atau bahan makanan bertahan lebih lama saat disimpan di kulkas. Sebaliknya, justru akan mempercepat proses pembusukan.

Karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui mana saja makanan yang perlu disimpan di kulkas atau di tempat terbuka. Pisang, alpukat, jeruk, serta melon misalnya, termasuk buah-buahan yang sebaiknya tak disimpan di kulkas. Secara umum, buah-buahan disarankan tak perlu dicuci sebelum disimpan ke kulkas. Sebab, hal itu justru akan mempercepat proses pembusukan.

Hal berbeda justru harusdilakukan terhadap sayuran yang disarankan dicuci dulu sebelum disimpan. Setelah itu, tunggu kering dan masukkan ke dalam kantong plastik berlubang atau dengan kertas. Cara seperti ini akan membuat sayuran bertahan dua hingga tiga hari. Tapi, ingat ya, simpan sayuran ditempat khusus sayuran, yaitu di bagian paling bawah kulkas.

Untuk daging, pastikan kondisinya segar sebelum disimpan ke dalam kulkas. Bungkus dengan plastik atau gunakan alas di bawahnya. Daging bisa bertahan hingga sebulan. Tapi, jika sudah dikeluarkan atau 'dicairkan' usai membeku, jangan dimasukkan kembali ke dalam kulkas ya.

Bagaimana cara menyimpan telur? Ada triknya juga loh TemanBaik agar bisa bertahan tiga hingga lima minggu. Tempatkan telur di rak khusus telur pada kulkas. Ini triknya, posisikan ujung telur yang lebih kecil berada di bagian bawah. Ini juga yang tak kalah penting, yaitu sisa makanan. Simpan ini dalam wadah kedap udara dan tahan bocor ya sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

Sudah tahu kan TemanBaik bagaimana cara menyimpan makanan dan bahan makanan di kulkas agar lebih awet? Semoga bermanfaat ya tipsnya.

Foto:  Ilustrasi Unsplash/Ernest Brillo
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler