Kenali Ciri-Ciri Mata Infeksi Akibat Lensa Kontak

Bandung - TemanBaik, terutama pengguna lensa kontak, ada hal penting nih yang perlu kamu ketahui, yaitu infeksi mata akibat penggunaan lensa kontak. Seperti apa ya? Simak ulasannya yuk!

Menurut dokter spesialis mata Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung Dominica Herlijana memberi penjelasan soal infeksi akibat lensa kontak tersebut. Ada dua ciri utama yang bisa diketahui, terutama dirasakan penggunanya.

"Pertama, pasti ada rasa tidak nyaman (dengan penggunaan lensa kontak). Kedua, biasanya mata mulai merah," kata Dominica.

Tapi, yang biasanya sulit dibedakan adalah infeksi akibat penggunaan lensa kontak atau karena penyebab lain. Bagaimana ya cara membedakannya?

"Kalau dari lensa kontak itu merahnya dari pinggir-pinggir kornea dulu. Jadi, timbulnya (kemerahan) dari tengah (bola mata)," ucapnya.

Kemerahan pada mata ini akan menjalar lebih meluas jika tak segera diobati. Bahkan, risiko terburuk, kerusakan mata atau penglihatan jadi konsekuensi yang harus ditanggung.

Baca Ini Juga Yuk: Yuk! Kenali Lebih Dalam Perihal Kanker Otak

Sedangkan untuk infeksi akibat selaput lendir, biasanya warna merah akan berasal dari area mata dekat selaput lendir dan menjalar ke arah kornea. Tapi, merah pada mata tak melulu infeksi loh.

Infeksi biasanya disebabkan ada sesuatu yang merangsang reaksi pada mata. Sedangkan infeksi, pada prinsipnya terdapat kuman.

Karena itu, sangat disarankan bagi pengguna lensa kontak untuk memperhatikan berbagai hal serta aturan penggunaan. Jika terasa ada gejala tak nyaman pada mata atau bahkan mata mulai memerah, sebaiknya segera periksakan ke ahlinya ya.

Foto: Ilustrasi Unsplash/Ani Kolleshi


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler