Kata Peneliti Soal Manfaat Teh Jika Disajikan dengan Air Es

Bandung - TemanBaik, ada yang gemar minum es teh? Apalagi jika es teh diberi rasa manis dari gula, segar banget kan jika diminum saat kamu kepanasan atau merasa gerah?

Teh sendiri tentu memiliki ragam manfaat. Namun, masihkah air teh memiliki manfaat jika disajikan dingin, terutama jika ditambahkan es? Simak ulasannya yuk!

Menurut Direktur Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) Gambung Dadan Rohdiana, teh akan memberi manfaat maksimal saat disajikan dalam keadaan panas atau hangat. Ragam manfaat dari air teh itu di antaranya polifenol, kafein, hingga efek termogenik yang membuat tubuh merasa hangat hingga berkeringat.

Jika teh dibuat menggunakan air suhu ruang atau air dingin, teh dan kandungannya tidak akan larut dengan sempurna. Sebab, teh disarankan diseduh menggunakan air panas atau hangat dan segera menghabiskannya agar kandungannya keluar secara maksimal. Lalu, bagaimana jika teh diseduh menggunakan air panas kemudian ditambahkan air dingin dan es?

"Dengan penambahan es, berarti akan mengurangi konsentrasi (kandungan teh). Teh yang semula pekat akan turun kepekatannya," kata Dadan kepada BeritaBaik.id.

Bagaimana dengan kandungan di dalam teh? Jumlahnya tidak akan menurun kok. Kandungan polifenol, kafein, dan kandungan lain di dalam teh tidak akan berkurang meski ditambah es, termasuk penambahan air suhu ruang. Jadi, manfaat atau kandungan dari teh itu akan tetap kamu dapatkan.


Namun, ada beberapa khasiat atau efek dari teh yang hilang. Misalnya efek termogenik yang membuat tubuh berkeringat atau merasa hangat. Padahal, ini adalah salah satu khasiat terbaik di dalam teh yang disajikan panas. Efek termogenik ini berkhasiat untuk membakar lemak sekaligus sebagai detoks bagi tubuh.

Selain itu, aroma dari teh juga akan berkurang atau bahkan hilang. Coba deh TemanBaik bandingkan aroma air teh yang disajikan panas atau hangat dengan disajikan dingin. Lebih wangi mana? Pasti lebih wangi yang disajikan panas atau hangat.

Penyajian air teh dalam kondisi dingin, apalagi menggunakan es, juga akan berdampak kurang baik bagi mereka yang sensitif. Misalnya pada anak-anak, mereka akan mudah batuk atau pilek. Bukan karena air tehnya, tapi karena dampak dari suhunya yang dingin.

"Kalau menggunakan es, virus atau bakteri suka di kondisi lembap. Sehinga orang yang rentan terhadap penyakit, seperti anak kecil, dia kemudian akan batuk-batuk padahal sebelumnya enggak makan apa-apa. Itu karena ada es, jadi kurang bagus untuk kesehatan tubuh," jelas Dadan.

Lalu, untuk penggunaan gula, hal ini juga perlu dipertimbangkan. Sebab, mereka yang bermasalah dengan gula darah tentu akan mengalami masalah, apalagi jika gula yang ditambahkan dalam teh berlebihan. Jadi, kamu disarankan bijak jika ingin mengonsumsi teh dengan atau tanpa gula demi kesehatan.

Nah, setelah mendapat penjelasan di atas, TemanBaik pilih minum air teh dengan cara apa, disajikan panas atau lebih pilih es teh?

Foto: Ilustrasi Unsplash/Matt Hoffman

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler