Selain Protokol Kesehatan, 4 Hal Ini Perlu Diajarkan pada Anak

Bandung - TemanBaik, penerapan protokol kesehatan saat ini jadi hal yang sangat disarankan untuk mencegah tertular virus korona atau COVID-19. Hal ini juga tentu perlu untuk dijalankan oleh anak-anak.

Namun, selain protokol kesehatan, ada beberapa hal lain yang perlu diajarkan pada anak. Dosen psikologi Universitas Padjadjaran Laila Qadariah memberi penjelasan. Setidaknya ada empat hal yang perlu diajarkan pada anak di tengah pandemi selain menjalankan protokol kesehatan. Apa saja?

1. Kemampuan Resiliensi

Ini adalah kemampuan untuk bertahan, menyelesaikan masalah, dan bisa bangkit dari kegagalan yang dialami. Sehingga, meski dalam situasi pandemi, anak-anak akan tetap bersemangat.

2. Visioner

Maksud visioner di sini adalah memikirkan apa yang akan dicapai ke depan. Sehingga, berbagai kegiatan yang sekarang lebih banyak dilakukan di rumah, dilakukan dengan target untuk mewujudkan keinginan atau cita-cita anak. Saat belajar misalnya, tanamkan dalam benak anak bahwa apa yang mereka lakukan adalah untuk menunjang masa depannya. Sehingga, secara perlahan mereka akan memiliki visi yang jelas sejak dini untuk kehidupannya di masa depan.

3. Kreatif

Ajarkan anak untuk menjadi pribadi yang kreatif. Caranya mengajak anak untuk mau mengulik sesuatu, berkarya, berkreasi, serta berbagai hal lain. Cara ini juga memiliki manfaat tambahan loh di tengah pandemi. "Walaupun tetap di rumah, anak jadi punya beragam aktivitas. Jadi, anak tidak mudah bosan dan jenuh," jelas Laina.

4. Fleksibel

Cara ini adalah mengajarkan atau melatih anak untuk punya alternatif dan sudut pandang dalam menyikapi atau menyelesaikan masalah. Sehingga, ragam persoalan atau masalah bisa diselesaikan tanpa membuat semangat anak runtuh. "Jadi, kalau menemukan kesulitan selama masa pandemi ini atau dengan tugas-tugas di rumah (dari sekolah) anak jadi tidak mudah menyerah, tapi mau berusaha mencari solusi," ucap Laina.

TemanBaik, terutama para orang tua yang memiliki anak sekolah, ajarkan tips di atas pada anak, yuk! Namun, tentu apa yang diajarkan harus bertahap ya.



Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler