Kata PMI Tentang Pentingnya Membawa Pendonor Darah Pengganti

Bandung - TemanBaik, jika kamu membutuhkan darah untuk keperluan transfusi, kamu disarankan membawa donor pengganti ya ke Palang Merah Indonesia (PMI). Kenapa sih ini penting dilakukan, terutama dalam kondisi saat ini?

Donor pengganti adalah orang yang mendonorkan darahnya untuk menggantikan darah dari PMI yang digunakan seseorang. Misalnya kamu membutuhkan darah karena sedang dirawat di rumah sakit, lalu darah dibawa di PMI untuk ditransfusikan. Donor pengganti itu akan mengganti yang digunakan dari PMI.

Donor pengganti ini bisa siapa saja. Bisa suami atau istri, adik atau kakak, saudara, teman, atau siapapun. Hal yang penting, orang tersebut bersedia sukarela mendonorkan darahnya. Simak ulasannya yuk!

Kepala Unit Transfusi Darah PMI Kota Bandung Uke Muktimanah mengatakan sejauh ini memang kebutuhan darah di Kota Bandung bisa terpenuhi. Biasanya, kebijakan donor pengganti akan dilakukan bagi mereka yang membutuhkan darah jika stok darah di PMI menipis.

Namun, di tengah kondisi sekarang, keberadaan donor pengganti cukup diperlukan. Itu karena saat ini jumlah kasus pasien demam berdarah mengalami peningkatan. Hal itu berdampak pada meningkatnya permintaan atau kebutuhan darah dari PMI.


Jika permintaan tinggi, sementara ketersediaan darah di PMI terbatas, otomatis jumlah yang ada akan berkurang. Sedangkan idealnya di PMI selalu ada stok tersedia agar sewaktu-waktu bisa digunakan saat dibutuhkan. Dengan membawa donor pengganti, itu berarti kamu turut menjaga agar stok darah di PMI selalu tersedia.

Sebab, darah bisa dibutuhkan kapan saja, misalnya bagi pasien korban kecelakan yang membutuhkan banyak darah saat ditangani di rumah sakit. Belum lagi ada berbagai penyakit lain dan penanganannya yang membutuhkan darah. Kondisi ini bisa terjadi kapan saja tanpa bisa diprediksi. Termasuk di dalamnya persalinan yang kadang membutuhkan banyak darah.

"Sebenarnya untuk sekarang kita bisa memenuhi permintaan darah di rumah sakit, terutama yang ada di Bandung. Jika kita tidak bisa memenuhi kebutuhan di rumah sakit, biasanya kita meminta ada donor dari keluarga atau donor pengganti. Namun, membawa donor penganti ini memang kita sarankan untuk kondisi sekarang," kata Uke di Kantor PMI Kota Bandung, Rabu (24/6/2020).

Namun, jika kamu ingin menjadi pendonor, PMI juga akan sangat menyambut baik. Dengan menjadi pendonor, apalagi pendonor tetap atau rutin, kamu berkontribusi untuk menjaga stok darah di PMI. Jadi, tanpa penunggu donor pengganti, stok darah yang ada bisa bertambah agar bisa digunakan sewaktu-waktu.

Tenang, jika kamu ingin menjadi pendonor, PMI sudah menerapkan protokol kesehatan kok. Sehingga, kamu enggak perlu takut tertular COVID-19 di masa pandemi seperti sekarang.

Di PMI Kota Bandung misalnya, calon pendonor akan diperiksa secara ketat sebelum masuk. Ada juga berbagai pemeriksaan detail lainnya untuk memastikan kamu dalam kondisi sehat dan layak mendonorkan darah.

"Pendonor juga wajib menggunakan masker, jika tidak menggunakannya, kita berikan masker," ucap Uke.

Selain itu, calon pendonor juga wajib mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, hingga diperiksa suhu tubuh. Proses donor di ruangan juga berjarak satu sama lain dan maksimal hanya diisi lima pendonor.

Para petugas pun menerapkan standar atau protokol kesehatan, terutama penggunaan APD. Mereka juga setiap harinya diberikan asupan gizi dan vitamin agar daya tahan tubuhnya kuat.

TemanBaik, yuk jadi pendonor atau membawa pendonor pengganti jika membutuhkan darah dari PMI. Setetes darahmu akan sangat berharga bagi orang yang membutuhkannya di luar sana!

Foto: Ilustrasi Unsplash/Creator Collective
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler